Cara Membuat Burung Cendet Buka Kerodong Langsung Bunyi

 

Cara Membuat Burung Cendet Buka Kerodong Langsung Bunyi - Halo sobat kicau mania! Di kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat burung cendet buka kerodong langsung bunyi. Tidak terasa saat ini sudah memasuki masa transisi new normal dimana semua kegiatan keramaian sudah bisa dijalankan di berbagai tempat, salah satunya adalah perlombaan burung berkicau.

Perlombaan ini sudah bisa dilakukan diberbagai daerah hingga perlu mengetahui cara menyeting burung cendet. Jadi banyak sekali orang yang mengikuti event tersebut karena sudah 2 tahun lamanya tidak mengadakan kegiatan perlombaan itu pasti banyak pemilik burung kicau yang berantusias untuk meramaikan event tersebut. Bagi pemilik burung kicau, event tersebut adalah kegiatan yang paling di tunggu-tunggu.

Menurut pemilik burung kicau, jika burung kicau peliharaannya sering mengikuti perlombaan dan menang maka kualitas burung tersebut akan meningkat selain mendapatkan predikat juara harga jualnya pun akan ikut naik. Maka dari itu tidak heran mengapa banyak sekali pemilik burung kicau yang berlomba-lomba untuk mengetahui cara membuat cendet rajin bunyi membuat burung cendet miliknya jadi rajin kicau.

Baca Juga: Cara Menaikkan Birahi Cendet Agar Gacor

Lalu, bagaimana cara merawat burung cendet yang malas bunyi? Burung cendet malas bunyi tentunya berkaitan dengan perawatan sehari-hari dan pemberian pakan ekstra fooding. Sebagai pemilik burung kicau, jika menginginkan burung peliharaannya gacor atau rajin bunyi perawatannya harus diimbangi dengan pemberian ekstra fooding yang berkualitas.

Bagi pemilik burung kicau yang sering mengikuti perlombaan, pastinya sudah memiliki settingan masing-masing. Sehingga burung cendet akan tampil bagus saat di perlombaan. Tapi, bagaimana dengan pemilik burung kicau pemula yang ingin cendet anakan biar cepat bunyi?

Sebagai pemula yang baru memasuki dunia burung kicau pastinya belum memahami berbagai macam settingan untuk burung cendet supaya rajin bunyi. Tapi tenang, kali ini saya akan memberikan beberapa cara perawatan untuk burung cendet dari pagi hingga sore dan cara memancing suara cendet supaya kalian bisa dengan mudah menerapkannya.

Perawatan Burung Cendet Buka Kerodong Langsung Gacor

1. Pengerodongan harus tepat

Apakah kalian tahu bahwa sebenarnya burung cendet adalah burung yang agresif di habitat aslinya. Burung cendet bisa saja meladeni lawannya apabila mendengar dan melihat lawannya beraksi. Maka dari itu, sangat penting melakukan pengrodongan pada burung cendet di malam hari agar bisa beristirahat dengan tenang.

Burung kicau yang terbiasa dikerodong penglihatannya akan terbatas, namun suhu didalamnya tetap hangat. Karena memang tujuan pengrodongan ini adalah membuat burung beristirahat dengan tenang dan suatu cara menambah durasi kerja cendet, jadi hanya dilakukan saat malam hari saja.

2. Takaran pakan EF

Ekstra fooding memang berperan penting dalam kehidupan burung kicau. Jika perawatan yang diberikan baik tapi tidak di imbangi dengan pakan tambahan yang berkualitas maka akan sia-sia juga. Oleh sebab itu, ekstra fooding berperan penting sebagai pakan tambahan burung cendet dan burung kicau lainnya. Ekstra fooding yang bisa kalian berikan adalah jangkrik dan kroto.

Untuk porsi yang diberikan hanya sesuai kebutuhan burung cendet saja. Contohnya jika burung cendet hanya terbiasa makan 5 ekor jangrik setiap pagi, maka berikanlah 5 ekor saja. Tapi, jika kalian ingin menambahkan 5 ekor lagi dan burung cendet masih lahap berarti porsinya bisa lebih dari itu.

Kalian juga boleh terus mencoba menambahkannya sampai burung cendet tidak mau memakan jangkrik tersebut. Teknis tersebut bisa membantu kalian mengetahui porsi yang dibutuhkan burung cendet makanan burung cendet di alam liar adalah serangga.

3. Perawatan pengembunan

Pengembunan memang sangat dianjurkan bagi cendet bunyi hanya pagi hari. Cara pengembunan burung yang benar yaitu harus dilakukan setiap pagi hari. Waktu yang tepat untuk melakukan pengembunan yaitu setelah shubuh atau sebelum matahari terbit. Karena pada saat itu udara masih sangat sejuk dan dingin, sehingga burung cendet akan merasa nyaman saat diembunkan.

4. Perawatan penjemuran

Mungkin banyak yang melakukan perawatan cendet tanpa jemur, tapi penjemuran pada burung kicau sudah menjadi salah satu bagian dari rangkaian perawatan yang memang seharusnya dilakukan. Dalam penjemuran, kalian harus benar-benar memahami karakter burung cendet. Apakah bertipe dingin atau panas, burung cendet yang bertipe panas sebaiknya jangan dijemur terlalu lama.


Sinar matahari pagi sangat menyehatkan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi, jangan pernah absen untuk melakukan penjemuran burung cendet. Tapi, jika burung terlihat kepanasan segera pindahkan ke tempat sejuk. Oleh karena iitu, saya sarankan jangan melakukan penjemuran terlalu lama cukup 30 menit saja.

5. Melakukan pemasteran

Burung cendet dikenal mempunyai suara kicau yang merdu, selain itu burung cendet juga memiliki berbagai variasi suara kicauan yang unik. Dengan melakukan pemasteran pada burung cendet itu adalah cara yang paling tepat untuk membuat burung cendet rajin bunyi.

Cara memaster cendet agar cepat menirukan yaitu dengan melakukannya setiap hari dan hanya di lakukan pada malam hari sambil dikerodong supaya burung cendet lebih fokus dengan suara masterannya. Masteran burung cendet malam hari sangatlah efektif dan terbukti hasilnya.

Suasana di malam hari yang sunyi dan sepi, dapat menambah konsentrasi dan kefokusan pada burung cendet itu sendiri. Untuk mendapatkan bahan masteran, kalian bisa download masteran yang cocok untuk cendet. Bisa melalui mp3 atau youtube.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat burung cendet buka kerodong langsung bunyi. Cara diatas bisa kalian terapkan dalam perawatan burung cendet sehari-hari. Untuk ekstra fooding harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai tidak diberikan karena ekstra fooding adalah pakan tambahan yang berperan penting untuk burung cendet gacor.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url