Cara Membuat Burung Cendet Gacor Isian Rapat

CARA MEMBUAT CENDET GACOR ISIAN RAPAT

Cara Membuat Cendet Gacor Isian Rapat - Burung cendet atau burung pentet merupakan salah satu burung kicau yang di sukai banyak orang. Burung petarung yang satu ini sangatlah menarik apabila berkicau. Suara kicauannya yang merdu membuat orang tergila-gila ingin memeliharanya. Selain itu suara kicauannya pun juga bervariasi jadi tidak monoton. Bukan hanya itu, penampilan fisik yang cantik menambah daya tarik tersendiri bagi burung cendet.

Hal itulah yang menyebabkan burung cendet sangat laris di pasaran. Jika sebelumnya sudah memiliki kelebihan seperti itu, ditambah burung cendet tersebut sering menjadi jawara dan banyak mendapatkan sertifikat perlombaan pasti harga jualnya akan meningkat darastis hingga ratusan juta. Oleh sebab itu, banyak kicau mania yang berlomba-lomba membuat burung peliharaannya menjadi jawara. Salah satu cara yang biasanya kicau mania lakukan yaitu membuat burung cendetnya bongkar isian rapat.

Baca Juga: Perawatan Cendet Rumahan Agar Gacor Stabil

Setelah melakukan pemasteran, banyak kicau mania yang berharap burung cendetnya mampu mengeluarkan kicauan yang sangat menarik dan berdurasi panjang serta bervariasi. Tapi, bagaimana jika burung cendet bersuara monoton atau ngeban dan tidak ada variasi yang dikeluarkan? Bila masalah tersebut muncul, pasti banyak pemilik yang merasa stres dan bingung.

Oleh karena itu, sebelum melakukan pemasteran terhadap burung cendet cobalah untuk memperhatikan tipsnya. Semua tips tersebut sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya yaitu tentang cara memancing suara cendet bahan. Sobat bisa membaca tips-tips pemasteran yang baik dan benar di artikel tersebut agar tidak terjadi masalah seperti yang dijelaskan diatas.

Salah satu yang menjadi penilaian juri saat perlombaan adalah materi lagu, materi lagu ini menjadi kriteria penilaian juri untuk menentukan burung kicau manakah yang layak menjadi juara. Jika sobat menginginkan burung cendetnya mempunyai materi yang bagus, maka sobat harus melatihnya dengan tepat dan selalu konsisten.

Tapi, jika sobat sudah terlanjur melakukan pemasteran dan burung cendet tidak bisa bongkar isian jangan khawatir, berikut ini akan saya bahas bagaimana cara membuat cendet gacor dan isian rapat.

Cara Merawat Cendet Agar Gacor Dan Isian Rapat

Rawatan Harian Cendet Gacor Bongkar Isian

Perawatan pertama yang harus sobat lakukan yaitu melakukan pengembunan. Rahasia cendet gacor, yakni pengembunan ini wajib dilakukan karena sangat bagus untuk kesehatan burung cendet. Untuk mengembunkan burung cendet, bisa sobat lakukan pada jam 5 pagi atau setelah shubuh sebelum matahari muncul. Pada saat itulah sobat mengembunkan burung cendet dan memberikannya 5 ekor jangkrik.

Jika sudah melakukan pengembunan, langkah selanjutnya yaitu memasukkan burung cendet ke dalam kandang umbaran untuk berjemur dan berolahraga. Kegiatan ini dilakukan pada jam 7 atau setengah 8 pagi. Perlu diketahui, pada saat melakukan pengumbaran sebaiknya cepuk makanan dan minuman diambil. Hal ini bertujuan untuk perawatan cendet agar gacor dan nagen dan melihat ketahanan fisik burung cendet dalam menahan lapar dan haus.

Selain itu, hal ini juga berfungsi untuk membiasakan burung cendet tidak makan dan minum saat digantang. Setelah pengumbaran, pada jam 10 siang burung cendet dipindahkan ke dalam kandang hariannya dan diangin-anginkan selama 30 menit. Jika sudah diangin-anginkan, tahap selanjutnya burung cendet dimasukkan ke dalam bak keramba dan biarkan burung cendet mandi sampai puas.

Apabila pemandian sudah selesai, burung cendet harus diangin-anginkan lagi untuk mengeringkan bulunya. Kemudian, berikanlah kroto yang segar dan telah dibersihkan dari semut-semutnya dengan porsi dua sendok makan. Jika semua tahapan sudah dilakukan burung cendet dimasukkan ke dalam kandang hariannya, pada jam 11 siang sampai jam 4 sore burung cendet digantang di tempat yang sepi bersama burung kicau jenis lainnya untuk memperbanyak materi isian.

Namun teman-teman juga boleh menggunakan masteran mp3. Jika sudah jam 4 sore, burung cendet bisa diangin-anginkan dan diberikan makanan burung cendet 5 ekor jangkrik. Setelah itu pada jam setengah 6 sore burung cendet harus dikerodong kembali dan diberikan minuman agar cendet gacor sampai besok pagi.

Rawatan Cendet Sebelum Lomba

Selanjutnya adalah perawatan burung cendet sebelum menjelang lomba. Pada h-3 perlombaan, sobat harus memberikan jangkrik pada burung cendet sampai kenyang. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin khusus yang nantinya diteteskan pada minuman burung cendet. Untuk takaran vitaminnya sobat sesuaikan saja dengan aturan yang ada dikemasan.

Vitamin tersebut bisa sobat berikan ketika burung cendet sudah selesai di jemur. Pada h-2 perlombaan burung cendet tidak boleh dijemur di kandang umbaran lagi, namun penjemuran masih berlanjut di kandang hariannya. Pada H-1 burung cendet harus dipindahkan ke kandang lomba dan di kerodong full lalu tempatkan dilokasi yang sangat tenang.

Usahakan jangan sampai mendengar kicauan burung lain agar tidak terpancing untuk tarung. Porsi pemberian jangkrim masih tetap sama yaitu sekenyangnya. Pada hari H nya sobat harus meemandikan burung cendet di bak keramba, lalu berikan jangkrik 5 ekor. Setelah dimandikan, selanjutnya sobat angin-anginkan burung cendet dan berikan kroto seperti porsi hariannya.


Saat sampai di lapangan perlombaan, jangan lupa untuk memberikan jangkrik 5 ekor lagi dan tambahkan dengan ulat bambu satu ekor serta ketahui cara memancing suara cendet. Terakhir berikanlah vitamin penggacor burung yang diteteskan sesuai takaran pada minumannya cara merawat cendet muda biar cepat gacor.

Penutup

Demikian itulah sedikit informasi tentang cara membuat cendet gacor isian rapat. Itulah penjelasan yang dapat saya sampaikan dalam pembahasan artikel kali ini. Untuk pertanyaan silakan tulis dikolom komentar ya, semoga berhasil! Sekian artikel kali ini, semoga pembahasan diatas berguna dan bermanfaat untuk sobat kicau semuanya.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url