Manfaat dan Efek Samping Ulat Bambu Untuk Burung Cendet

MANFAAT & EFEK SAMPING ULAT BAMBU UNTUK CENDET

Bagi senior burung kicau tentunya sudah faham dan mengetahui bahwa jenis ekstra fooding untuk burung sangatlah banyak. Tidak hanya serangga, tapi juga buah-buahan serta sayuran yang segar. Memelihara burung kicau tidak hanya diberikan makanan voer kering dan biji-bijian saja, tapi juga harus diberikan selingan seperti ekstra fooding.

Ekstra fooding yang diberikan juga tidak boleh asal-asalan, usahakan untuk memberikan ekstra fooding yang fresh setiap harinya. Dengan memberikan makanan cendet berupa ekstra fooding, burung cendet tidak akan mengalami kekurangan gizi. Salah satu ekstra fooding yang bagus untuk burung cendet yaitu ulat bambu.

Ulat bambu merupakan salah satu pakan tambahan ekstra fooding untuk burung cendet yang sering dikonsumsi oleh burung kicau lainnya. Ternyata ulat bambu juga memiliki nama lain loh yaitu cangkilung atau cilung yang biasanya digunakan untuk umpan saat mancing. Pemberian ekstra fooding yang beragam bertujuan untuk menunjang kebutuhan nutrisi mikro dan makro burung cendet supaya dapat terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Ulat Kandang Vs Ulat Hongkong

Pada saat di hutan burung cendet mungkin bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineralnya sendiri. Sehingga burung cendet tidak kekurangan gizi dan bisa bertahan hidup. Namun, saat di pelihara belum tentu sang pemilik dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan mineralnya. Oleh karena itu, pemberian ekstra fooding adalah hal yang tepat untuk burung cendet dan burung kicau lainnya.

Apalagi saat ini sudah banyak burung kicau yang bisa dipelihara dalam rumah, tentunya pemilik harus memberikan perawatan dengan baik dan benar. Sebab, burung kicauan yang dirawat dengan baik dan benar akan menjadi burung kicau yang berkualitas. Selain memberikan pakan tambahan, perawatan lainnya juga sangat diperlukan mulai dari pemandian, pengembunan, dan penjemuran.

Tapi, sebelum anda memutuskan untuk memberikan ulat bambu untuk burung cendet, alangkah lebih baik jika mengetahui manfaat dan efek sampingnya. Di bawah ini saya akan memberikan penjelasan mengenai beberapa manfaat dan efek samping ulat hongkong untuk burung cendet. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, mari simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Ulat Bambu Untuk Burung Cendet

Fungsi ulat bambu memang benar adanya, bahwa ulat bambu adalah salah satu ekstra fooding yang tidak sepopuler kroto dan ulat hongkong. Meskipun begitu, ekstra fooding ulat bambu juga banyak dicari oleh pemilik burung kicau karena manfat yang dimilikinya sangat luar biasa. Sebagai salah satu bagian dari ekstra fooding,ulat bambu memiliki manfaat yang berbeda dengan ekstra fooding lainnya.

Pada umumnya, ekstra fooding diberikan untuk meningkatkan birahi burung karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal itulah yang membedakannya, karena ulat bambu hanya memiliki kandungan protein yang rendah. Akan tetapi, kandungan nutrisi dan vitaminnya juga sangat lengkap. Oleh karena itu, burung kicau yang diberi ulat bambu justru akan lebih sehat.

Ternyata ekstra fooding ulat bambu tidak bisa meningkatkan birahi burung cendet, justru ulat bambu akan menurunkan over birahi pada burung kicau. Maka dari itu, banyak pemilik yang mencari ulat bambu untuk burung kicau yang sedang over birahi seperti manfaat ulat bambu untuk kacer. Sebagai makanan alternatif tambahan, ulat bambu tidak boleh diberikan terlalu banyak.

Apalagi diberikan dengan porsi yang berlebihan, karena ulat bambu hanya bisa diberikan saat burung kicau sedang over birahi. Setelah birahi mulai turun dan stabil, pemberian ulat bambu juga harus dihentikan agar tidak menimbulkan permasalahan yang lain.

Efek Samping Ulat Bambu Untuk Burung Cendet

Pemberian ulat bambu dalam waktu yang lama ternyata akan berakibat buruk untuk burung cendet. Karena jika dikonsumsi secara berlebihan dan diluar takaran semestinya, burung kicau akan mendapatkan efek samping yang buruk untuk kesehatannya. Efek samping yang pertama kali muncul yaitu burung cendet akan kesulitan berak.

Meskipun ekstra fooding ulat bambu ini dinilai sangat efektif untuk mengatasi burung cendet over birahi. Perawatan sehari-hari untuk burung cendet over birahi juga harus diperhatikan untuk menunjang keberhasilan anda dalam mengatasi OB pada burung cendet. Selain itu, anda juga harus mengurangi penjemuran dan memangkas porsi ekstra fooding harian.


Itu semua sangat dianjurkan untuk burung cendet anda yang sedang OB. Karena dengan cara tersebut dapat meningkatkan keberhasilan dalam menurunkan birahi burung cendet. Untuk mendapatkan manfaat dari ulat bambu supaya burung cendet bisa berkicau dengan maksimal, upayakan untuk melakukan pengembunanj secara rutin setiap hari. Karena dengan cara tersebut dapat menormalkan birahi burung cendet.

Akhir Kata

Itulah manfaat dan efek samping ulat bambu untuk burung cendet. Ekstra fooding sangatlah beragam, setiap jenisnya memiliki manfaat dan kandungan nutrisi masing-masing. Settingan ulat bambu yang benar dan porsi yang tidak berlebihan akan berdampak baik untuk burung cendet. Sekian artikel kali ini semoga penjelasan diatas dapat berguna untuk semuanya. Sampi jumpa di pembahasan selanjutnya, terima kasih.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url