Cara Membuat Burung Pleci Gacor Keras Beserta Perawatan Hariannya

Cara Membuat Burung Pleci Gacor Keras

Cara Membuat Burung Pleci Gacor Keras - Anda pasti ingin memiliki pleci yang gacor dan rajin berbunyi, bukan? Namun, untuk mencapai itu, diperlukan kesabaran dan penanganan khusus. Meskipun burung pleci berukuran kecil, daya tarik utamanya bagi pecinta kicau adalah suaranya yang keras, lantang, dan kencang.

Banyak cara dapat dilakukan agar suara pleci keras dan lantang oleh pecinta kicau seperti anda. Akan tetapi, perbedaan mungkin terletak pada kesabaran dan ketelatenan dalam merawat pleci bersuara keras dan lantang tersebut.

Mengenal Karakteristik Burung Pleci

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara merawat dan melatih pleci agar gacor, kenali terlebih dahulu karakteristik burung pleci. Pleci atau burung kacamata termasuk dalam famili Zosteropidae dengan lebih dari 70 spesies, tersebar di berbagai daerah, mulai dari Afrika, Asia, hingga Australia.


Ciri-ciri burung pleci mudah dikenali dengan corak putih melingkar di sekitar area mata. Selain itu burung pleci sendiri tergolong ke dalam burung kicau yang memiliki ukuran kecil, namun jangan salah burung pleci meskipun berostur tubuh kecil tapi memiliki suara yang lantang.

Sebelum membahas cara merawat dan melatih pleci agar gacor, berikut beberapa karakteristik dan ciri-ciri burung pleci:
  • Burung pleci hidup berkelompok dalam suatu kawanan.
  • Perbedaan pleci jantan dan betina agak sulit ditentukan karena pleci termasuk jenis burung monomorfik.
  • Bentuk paruh pleci mengindikasikan bahwa mereka adalah burung pemakan serangga dan nektar.
  • Ukuran tubuh pleci relatif kecil, sekitar 8-9 cm, dengan corak warna yang mencolok.

Cara Melatih Pleci Agar Bersuara Lantang

Untuk mendapatkan suara pleci yang keras dan lantang, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

1. Mengistirahatkan Burung Pleci

Perawatan harian pertama adalah memberikan istirahat pada burung pleci di malam hari. Gunakan kerodong pada sangkarnya untuk menciptakan kenyamanan dan hindari gangguan yang dapat mengganggu istirahatnya. Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, burung pleci akan memiliki energi maksimal untuk berkicau di keesokan harinya.

2. Mengembunkan Pleci dengan Berjauhan

Picu gairah burung dengan melakukan pengembunan. Pastikan burung pleci yang Anda miliki digantung dengan jarak yang cukup, sehingga mereka tidak saling melihat. Saat matahari mulai terbit, burung pleci akan saling memanggil dengan suara keras. Observasi dan perhatikan burung mana yang paling lantang.

3. Mandi dan Jemur Pleci Bersama-Sama

Mandikan burung pleci setelah matahari terbit, sekitar pukul 06:30 - 07:30 pagi. Anda dapat menyemprotkan air atau menggunakan karamba mandi. Selanjutnya, jemur pleci dengan cara menyusun sangkar berdampingan. Saat penjemuran, putar suara masteran atau suara lain yang dapat memancing pleci untuk berkicau. Perhatikan respon dan aktifitas kicauan mereka.

Baca Juga: Cara Merawat Burung Pleci 2 Ekor di Rumah Agar Bunyi Semua

4. Pemasteran Pleci

Setelah mandi dan jemur, bersihkan kandang dan gantilah air minum serta makanan pleci. Jemur burung pleci dengan sangkar yang saling berdampingan atau berjejer. Perdengarkan suara masteran untuk memancing burung pleci agar ikut berkicau. Observasi dan tentukan burung yang menunjukkan kemampuan dan keaktifan berkicau yang baik.

5. Penjemuran Secukupnya

Setelah beberapa waktu penjemuran, angin-anginkan burung pleci di tempat yang teduh untuk menyesuaikan suhu tubuh mereka. Kemudian, kembalikan burung pleci ke sangkarnya masing-masing untuk beristirahat hingga sore hari. Pastikan sangkarnya bersih dan ganti air minum serta makanannya.

Lakukan langkah-langkah di atas secara rutin, dan dalam beberapa hari, burung pleci Anda akan menunjukkan kemampuannya dengan rajin berkicau secara lantang. Jika dalam beberapa hari belum mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan putus asa. Cobalah untuk menambah jumlah pleci atau pertimbangkan untuk melakukan pertukaran pleci dengan sesama pecinta pleci.

Akhir Kata

Lakukan semua tips di atas secara konsisten, dan dalam beberapa hari, burung pleci Anda akan memiliki kemampuan di atas rata-rata yaitu rajin berkicau dengan lantang. Beberapa hari berikutnya, pleci Anda akan siap untuk dilombakan.

Jika Anda belum mendapatkan hasil yang diinginkan dalam beberapa hari, tetaplah sabar. Cobalah untuk menambah jumlah pleci atau lakukan pertukaran dengan rekan pecinta pleci lainnya. Pantau perkembangan burung pleci Anda, dan jangan ragu untuk mencoba berbagai metode yang sesuai dengan karakteristik individu masing-masing pleci.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda para pecinta pleci dan kicau mania. Dengan kesabaran dan perawatan yang baik, pleci Anda akan menjadi burung yang gacor, rajin berkicau, dan siap menghibur Anda setiap hari.

Kata Kunci Terkait Cara Membuat Burung Pleci Gacor Keras
  • cara membuat burung pleci gacor keras
  • cara merawat burung pleci agar cepat gacor dan buka paruh
  • ramuan agar pleci bersuara keras
  • minuman pleci biar suara keras
  • cara membuat pleci konslet
  • pantangan burung pleci
  • cara merawat pleci 1 ekor
  • cara merawat pleci 2 ekor
  • vitamin burung pleci biar cepat buka paruh
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama