Cara Jitu Rawatan Burung Kacer Agar Cepat Buka Paruh dan Ngotot

Cara Jitu Rawatan Burung Kacer Agar Cepat Buka Paruh dan Ngotot - Halo sobat kicau mania Indonesia! Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang rawatan burung kacer agar bisa buka paruh dan ngotot saat berkicau. Seperti yang kita tahu burung kacer memiliki ciri khas yaitu suara kicauannya yang merdu, sehingga banyak digemari pecinta burung. Burung kacer juga sangat populer akhir-akhir ini, banyak orang yang menternak burung kacer atau hanya di pelihara dirumah saja.

Namun ada juga para kicau mania yang memelihara burung kacer untuk dilombakan. Dengan memiliki burung yang gacor dan buka paruh dengan suara yang keras, merupakan kebanggan semua para pecinta burung berkicau. Namun ada juga burung kacer yang dipelihara cukup lama tapi belum mengeluarkan suara apapun atau bisa dibilang tak kunjung gacor.

Biasanya burung kacer hanya ngeriwik saja dan ketika dibawa ke lapangan perlombaan burung masih tetap ngriwik padahal sudah di setting. Burung kacer yang memiliki karakter murni petarung membuat pemiliknya harus merawat burung kacer sebaik mungkin. Selain itu harus menjaga stamina nya dalam kondisi stabil, anda harus benar-benar memahami kondisi burung kacer anda sebelum dibawa ke arena perlombaan.

Maka dari itu anda harus merawatnya dengan maksimal supaya burung juga bisa tampil dengan maksimal dan dapat memuaskan. Berikut ini akan saya berikan solusi supaya burung kacer anda ngotot dan cepat buka paruh.


Berikut Rawatan Burung Kacer Supaya Ngotot dan Buka Paruh

Rawatan Agar Burung Kacer Ngotot

1. Pengembunan

Cara mengatasi burung kacer kurang ngotot saat diperlombaan, maka lakukanlah pengembunan pada kacer secara rutin. Pengembunan minimal dilakukan sehari 2x, karena pengembunan dapat menambah stamina burung kacer.

2. Mengatur pemberian ekstra fooding

Dengan mengatur ulang pemberian ekstra fooding pada burung kacer , kondisi stamina akan meningkat dan birahi burung juga akan tetap stabil. Tetapi anda juga harus memahami terlebih dahulu, apakah munculnya kondisi tersebut akibat burung kurang birahi atau over birahi.

Jika burung kacer tampil kurang maksimal karena disebabkan kurang birahi, maka anda bia menaikkan porsi jangkrik. Selanjutnya berikanlah kroto 1 sendok makan setiap hari satu kali, apapun jenis ekstra fooding nya, anda harus sesuaikan dengan kebutuhan gacoan anda. (Baca juga: Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer)

3. Masukkan ke kandang umbaran

Saat burung kacer kurang ngotot, banyak dari pecinta burung yang melakukan cara ini yaitu memasukkan burung kacer di kandang umbaran. Biasanya pengumbaran dilakukan dari pagi sampai siang hari, ada juga pecinta burung yang memasukkan burung kecil ke dalam kandang sebagai untulan. Untulan berfungsi untuk membangkitkan dan melatih mental kacer ketika ngedrop.

4. Berikan istirahat yang cukup

Ketika sedang menjaga stamina nya apalagi akan menjelang lomba, berikanlah waktu istirahat untuk burung kacer. Cara tersebut dapat menjaga kondisi serta stamina kacer tetap terjaga sampai di lapangan, sehingga ketika lomba, burung kacer bisa berkicau dengan gacor dan ngotot.

5. Perbanyak jemur dan kurangi mandi

Beberapa hari ketika sudah mendekati lomba, kurangi jadwal pemandian. Hal tersebut agar birahi pada burung kacer tinggi namun tetap stabil atau normal. Selanjutnya jadwal untuk penjemuran bisa anda tambah lagi agar burung kacer emosi.

Rawatan Burung Kacer Buka Paruh

1. Pemandian dan penjemuran

Pertama pada jam 7 pagi anda bisa membuka kerodong kandang burung kacer. Selanjutnya gantunglah sangkar di tempat terbuka dan biarkan saja burung kacer menghirup udara segar di pagi hari. Kemudian jika sudah jam setengah 8 pagi saatnya anda memandikan burung kacer. Cara memandikannya bisa menggunakan semprot atau keramba mandi yang digunakan khusus untuk memandikan burung.

2. Menjaga kebersihan kandang

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu selalu membersihkan kandang burung setiap hari untuk menjaga kesehatannya. Anda bisa membersihkan kandang burung kacer setiap seminggu 2x agar burung kacer tetap sehat dan gacor.

3. Pakan burung kacer

Cara agar burung kacer cepat buka paruh yaitu memberikannya pakan 3 ekor jangkrik atau lebih, sesuai dengan karakter burung kacer anda. Bagian dari jangkrik yang baik diberikan untuk burung kacer yaitu bagian perutnya. Untuk kebutuhan protein burung kacer minimal 12%, hal tersebut bertujuan agar stamina tetap terjaga dan selalu prima.

4. Pengkerodongan

Ketika sudah malam hari, jangan lupa sangkar burung kacer dikerodongi lagi dan jangan sampai kacer kedinginan. Namun jika anda merawat burung kacer untuk lomba, anda bisa mengkerodong burung kacer setelah burung kacer dijemur dan diberi EF agar stamina burung kacer tetap terjaga.

5. Masteri burung kacer

Memasteri burung kacer bisa anda lakukan pada pagi sampai sore hari, caranya yaitu dengan memperdengarkan burung kacer dari suara burung masteran yang gacor atau suara mp3. Selanjutnya pada jam setengah 4 sore, anda bisa mengangin-anginkan burung kacer atau boleh langsung memandikannya. (Baca juga: Cara Memasteri Burung Kacer Agar Cepat Masuk).

Penutup

Seperti itulah cara ampuh untuk membuat burung kacer buka paruh dan berkicau dengan ngotot. Jika anda ingin request atau bertanya seputar burung kacer, bisa tulis di kolom komentar ya. Terima kasih telah berkunjung, semoga tips ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url