Berikut Manfaat & Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Burung Kacer

 

Berikut Manfaat & Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Burung Kacer - Jika kamu pecinta burung berkicau dan hobi memelihara burung kicauan, tentu pakan seperti ulat hongkong sudah tidak asing lagi di pikiranmu. Namun tidak banyak orang atau para kicau mania yang mengetahui manfaat sekaligus manfaat dari pemberian ulat hongkong pada burung, salah satunya yaitu burung kacer. Nah, oleh karena itu saya tertarik untuk mengulas artikel tentang manfaat dan efek samping dari pemberian ulat hongkong pada kacer.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengulas tentang manfaat dan efek samping jangkrik untuk kacer. Sekarang ini saya akan ganti mengulas manfaat dan efek samping ulat hongkong untuk kacer. Seperti yang kita semua ketahui, ulat hongkong merupakan salah satu pakan tambahan atau biasa disebut dengan ekstra fooding untuk burung berkicau.

Hal tersebut dikarenakan ulat hongkong dipercaya sebagai sumber protein yang sangat bagus untuk burung kacer. Perlu kamu ketahui, bahwa ulat di dalam tubuh ulat hongkong terdapat kandungan yang sangat bermanfaat untuk burung kacer. Adapun kandungan yang terdapat pada ulat hongkong, sebagai berikut:
  • Protein kasar
  • Nutrisi
  • Lemak kasar
  • Kadar abu
  • Kandungan ekstrak non nitrogen
  • Air
Dengan banyaknya kandungan pada ulat hongkong tersebut, oleh karena itu ulat hongkong dipercaya sebagai pakan burung kicauan yang sangat bermanfaat khasiatnya.

Manfaat Utama Ulat Hongkong Untuk Kacer

1. Meningkatkan emosi kacer

Manfaat ulat hongkong untuk burung kacer yang pertama yaitu dapat meningkatkan emosi burung kacer itu sendiri. Jika emosi burung kacer meningkat, maka burung akan lebih rajin bunyi dan gacor. Oleh karena itu banyak para kacer mania yang memberikan ulat hongkong untuk burung kacer tipe dingin yang susah emosi agar cepat emosi.

2. Menjaga suhu tubuh kacer saat musim dingin

Musim penghujan seperti sekarang ini tentunya rentan untuk burung kacer terkena penyakit. Oleh karena itu kamu perlu menjaga suhu tubuh kacer agar tetap stabil dan tidak kedinginan, salah satu caranya yaitu dengan memberikan ulat hongkong pada kacer. Kamu bisa memberikan ulat hongkong 5 ekor saja jika musim dingin telah tiba.

3. Mendongkrak energi kacer

Ulat hongkong juga dipercaya dapat mendongkrak energi burung kacer dengan cepat. Hal ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang gemar melombakan burung kacer. Dengan memberikan ulat hongkong sesuai takaran, maka burung kacer mampu berkicau terus hingga beberapa sesi dalam perlombaan.

4. Meningkatkan kemampuan produktivitas

Tidak hanya untuk lomba saja, ulat hongkong juga sangat bermanfaat untuk burung kacer yang sedang diternak. Selain dapat menambah kemampuan produktivitas telur, ulat hongkong juga bermanfaat untuk meningkatkan hasrat kawin indukan burung kacer.

5. Meningkatkan volume kacer

Ulat hongkong juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas suara burung kacer. Jika kamu memiliki burung kacer dengan suara lirih atau hanya ngeriwik, kamu bisa memberikan ulat hongkong agar burung kacer bisa ngeplong dengan suara yang lantang.


Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Kacer

1. Menyebabkan kegemukan

Efek samping pemberian ulat hongkong yang pertama yaitu dpat menyebabkan burung kacer kegemukan. Namun kegemukan tersebut dengan tanda kutip pemberian yang berlebihan ya. Jika kami memberikan ulat hongkong dengan porsi yang banyak, maka besar kemungkinan burung kacer kamu akan kegemukan.

2. Menyebabkan stres

Selain itu efek samping pemberian ulat hongkong berikutnya yaitu dapat memicu burung kacer stres. Hal ini juga disebabkan dengan banyaknya pemberian ulat hongkong pada kacer, sehingga birahi dan emosi kacer melebihi batas.

Penutup

Pada intinya pemberian pakan tambahan atau ekstra fooding yang berlebihan akan berdampak buruk pada burung kacer. Oleh karena itu berikan ulat hongkong pada kacer dengan porsi yang cukup. Terima kasih sudah mengunjungi artikel ini, sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url