Dijamin Ngeplong! Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeriwik

 

Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeriwik

Dijamin Ngeplong! Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeriwik - Hai sobat kicau mania Indonesia! Jumpa lagi dengan saya bi blog Bang Parid, di kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang cara mengatasi burung cendet ngeriwik. Saat ini banyak pertanyaan dari sobat kicau mania tentang burung cendet yang hanya ngriwik saja atau tidak mau berkicau dengan keras dan ngeplong.

Sebagian para kicau mania menganggap, ngeriwik pada burung cendet disebabkan karena burung sedang sakit. Padahal kemungkinan besar masalah tersebut terjadi karena perawatan harian yang tidak sesuai atau kurang tepat. Jadi, jika kamu menginginkan burung cendet sehat dan gacor jangan menyepelekan perawatan harian burung cendet.

Karena perawatan tersebut sangat berpengaruh pada kondisi mental burung cendet. Kamu harus selalu konsisten dalam merawat burung cendet, selain itu kamu juga harus pandai dalam memahami karakter burung peliharaanmu. Pemahaman karakter tersebut sangatlah berpengaruh terhadap kegacoran burung cendet.

Wajar saja jika burung cendet yang sudah dewasa hanya ngeriwik dan tidak mau ngeplong, hal ini disebabkan karena kamu tidak memahami dengan baik karakter burung cendet tersebut. Pada dasarnya memang banyak sekali problem ketika memelihara burung cendet. 

Nah, maka dari itulah mengapa pemilik harus benar-benat memahami betul tentang semua keinginan burung cendet peliharaan. Burung cendet hanya ngriwik saat digantang atau mungkin disebabkan karena faktor lain. Berikut penyebab burung cendet ngriwik.


Penyebab Burung Cendet Ngriwik

1. Burung masih liar

Burung cendet yang belum terlatih atau masih liar yaitu burung cendet yang sudah tua atau dewasa muda hasil tangkapan dari hutan. Meskipun burung cendet masih berusia muda, tapi jika hasil dari tangkaran apakah bisa gacor? Jawabannya bisa, kenapa ? Karena burung cendet yang didapatkan hasil dari tangkaran besar di lingkungan manusia, sehingga burung tidak memiliki rasa takut pada manusia dan lingkungan sekitarnya.

Berbeda halnya dengan burung kacer hasil tangkapan hutan, pastinya perlu adaptasi yang cukup lama dengan lingkungan sekitarnya dan manusia. Jika kamu memelihara burung cendet dari hutan harus membutuhkan waktu agar burung kacer menyesuaikan diri.

2. Burung cendet mabung

Biasanya saat burung sedang memasuki masa mabung, mereka hanya ngriwik-ngriwik saja atau bahkan burung hanya diam saja. Kamu bisa mengeceknya jika burung cendet tiba-tiba gacor, kemungkinan besar burung cendet sedang dalam masa mabung. Mabung tersebut ditandai dengan bulu-bulu halus burung mulai berjatuhan. Maka dari itu kamu harus mengatasi burung cendet mabung terlebih dahulu jika ingin burung kacer cepat ngeplong.

3. Burung cendet selesai mabung

Kebiasaan yang terjadi pada burung setelah selesai mabung yaitu hanya ngeriwik. Burung cendet tidak mau gacor seperti sebelum mereka mabung. Hal tersebut disebabkan karena pemulihan setelah mabung memang memerlukan waktu yang lama, yaitu sekitar 1 sampai 2 bulan.

Tentunya hal ini tidak berlaku untuk burung-burung tertentu yang saat mabung pun masih tetap gacor. Intiny, burung yang baru saja selesai mabung belum sehat secara fisik, untuk mempercepat pemulihan pastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

4. Burung cendet kalah mental

Burung yang kalah setelah di adu, biasanya juga hanya ngriwik terus tidak mau gacor. Jika hal itu sedang terjadi pada burung cendet kamu, maka burung cendet perlu di karantina selama beberapa saat. Lalu, sampai kapan burung cendet seperti itu? Biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengembalikan kondisi burung cendet seperti semula.

5. Burung cendet tidak fit

Burung cendet yang hanya gacor dirumah atau di tempat tertentu saja, mungkin sedang dalam kondisi tidak fit. Atau mungkin karena belum terbiasa di tengah keramaian, oleh karena itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi fisiknya.

Untuk sementara waktu kamu bisa melatihnya secara rutin dan terukur jika menginginkan burung cendet selalu gacor di manapun. Setelah kamu memahami penyebabnya, maka kamu harus tau cara menaikkan volume suara burung cendet. Dibawah ini adalah cara mengatasi burung cendet yang ngriwik dengan cepat.

Cara Mengatasi Burung Cendet Ngeriwik Dengan Mudah

1. Tambah waktu penjemuran

Masalah penjemuran untuk burung cendet tidak harus dilakukan setiap hari. Tapi setidaknya dalam seminggu burung cendet harus dijemur minimal dua kali. Hal ini bertujuan selain sangat penting untuk menjaga kesehatan dan tulang punggung, sinar matahari juga dapat memaksimalkan pita suara burung cendet.

Itulah mengapa semakin bertambahnya umur burung cendet frekuensi penjemuran harus ditambah. Bahkan jika bulu burung cendet sudah berganti dengan bulu dewasa full, penjemuran harus ditambah dan ditingkatkan lebih insentif lagi. Tapi, jika power burung sudah mecah dan maksimal semua, sebaiknya penjemuran dilakukan secara normal atau disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Berikan pakan yang bernutrisi

Burung cendet merupakan burung yang memerlukan perawatan dengan asupan yang sangat baik untuk pertumbuhan burung cendet. Atau bisa juga kamu buat seperti burung sedang berada di habitatnya dengan nutrisi yang terjamin. Tapi, dari itu saja tidak dapat memenuhi kebutuhan karena pakan yang dibutuhkan sangat terbatas di pasaran.

Namun setidaknya dengan memberikan pakan yang berkualitas tinggi dan bagus, kamu sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung cendet agar bisa ngeplong dan gacor.

3. Mengatur pemandian

Burung cendet merupakan burung yang tidak memerlukan mandi dengan rutin, ada masanya burung cendet tidak dimandikan secara rutin karena masalah tertentu. Maka dari itu mandikanlah burung cendet seperlunya saja karena air yang dingin dapat menghambat optimalisasi pita suara pada burung cendet, selain itu juga dapat membuat burung cendet yang awalnya gacor menjadi ngeriwik.

4. Memulihkan mentalnya

Pada umumnya, mental burung cendet akan drop jika mereka kalah diadu saat dirumah atau di perlombaan. Maka segeralah untuk mengasingkan burung cendet dan harus memasterinya secara rutin. Kamu juga bisa membaca cara melatih mental burung cendet dengan baik dan benar.

5. Memahami karakter cendet

Jika kamu bisa memahami karakter burung peliharaan, maka dapat membuat burung yang ngeriwik menjadi gacor. Hal itu merupakan salah satu dasar untuk mengatasi permasalahan pada burung cendet. Pemahaman karakter burung cendet merupakan proses yang cepat, maka dari itu sebagai pemilik kamu harus pintar untuk mengetahui keinginan burung cendet.

Akhir Kata

Beberapa cara mengatasi burung cendet ngriwik diatas sangat bagus untuk kamu yang sedang mencari referensi perawatan pemulihan untuk burung cendet. Simaklah supaya suara burung cendet peliharaan kamu cepat ngeplong dan fasih membawakan lagu. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat kicau mania dan terima kasih sudah berkunjung.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 7 April 2022 09.21

    Mantap!! Burung cendet langsung ngeplong

Tambahkan Komentar
comment url