Cara Mengatasi Original Konten Terbatas pada Fanspage Facebook

Cara Mengatasi Original Konten Terbatas pada Fanspage Facebook

Apakah Anda tahu bahwa untuk meraih distribusi terbaik di Facebook, platform ini mendorong Halaman dan Profil untuk memposting video yang sebenarnya direkam dan dihasilkan oleh para penerbit? Namun, Facebook juga memahami bahwa tidak selalu mungkin bagi semua Halaman dan Profil untuk mengunggah konten orisinal, dan kadang-kadang pemirsa mengharapkan variasi dari latar belakang dan produser yang berbeda.

Dalam konteks ini, Facebook mendorong Halaman dan Profil untuk menambahkan nilai baru pada konten orisinal melalui penyuntingan. Berikut adalah panduan untuk membantu Anda memahami perbedaan antara konten orisinal, konten yang secara signifikan ditingkatkan, dan konten yang mungkin perlu dicatat karena keterbatasan keasliannya.

Halaman dan Profil yang hanya memposting konten dengan keterbatasan keaslian akan mengalami penurunan distribusi di platform Facebook, dan bahkan dapat mengalami pembatasan akses atau penghapusan fitur monetisasi. Jenis konten semacam ini melanggar Kebijakan Monetisasi Konten yang ditetapkan oleh Facebook.

Panduan Konten dengan Keterbatasan Keaslian ini berbeda dari kebijakan tentang pelanggaran hak kekayaan intelektual, yang melarang pengunggahan konten yang melanggar hak cipta orang lain.

Cara Mengatasi Original Konten Terbatas pada Fanspage Facebook

Konten Original

Halaman dan Profil mendapatkan distribusi paling besar jika mayoritas konten video yang diunggah direkam atau diproduksi oleh individu atau perusahaan yang sama yang membagikannya. Tujuan utama Facebook adalah memberikan penghargaan lebih untuk jenis konten ini dengan distribusi yang lebih luas, serta peluang untuk monetisasi. Konten dianggap orisinal di semua Halaman atau Profil yang Anda miliki.

Contoh konten orisinal termasuk:
  • Episode baru, cuplikan, atau trailer acara yang dibuat oleh produser, aktor, atau jaringan televisi.
  • Vlog dari pembuat konten.
  • Konten yang direkam oleh penerbit.
  • Liputan berita oleh pelapor berita.
Dan ini hanyalah sebagian contoh. Jenis konten lain juga dianggap orisinal jika direkam atau ditayangkan oleh orang atau perusahaan yang sama yang mempostingnya.

Konten yang Signifikan Ditingkatkan

Halaman atau Profil yang menggunakan kutipan atau memiliki lisensi dalam videonya masih bisa mendapatkan distribusi dan peluang monetisasi di Facebook asalkan mereka secara signifikan meningkatkan kontennya dan memberikan nilai tambah pada aslinya. Ingatlah bahwa Anda perlu memberikan nilai tambah pada video yang Anda unggah.

Contoh perbaikan yang signifikan meliputi:

Persona yang memberikan informasi baru dalam video, seperti overlay dengan komentar tambahan. Teks atau narasi suara yang memberikan informasi baru, misalnya memberikan rincian tentang kinerja atlet pada klip olahraga. Pengeditan yang konsisten memberikan informasi baru, seperti kompilasi klip yang memiliki narasi tentang perjalanan hidup atau daftar sepuluh produk terbaik dengan detail harga atau spesifikasi.

Keterbatasan Keaslian

Konten dianggap melanggar kebijakan keaslian terbatas dari Facebook jika Halaman atau Profil Anda tidak berperan signifikan dalam pembuatan konten dan tidak melakukan perubahan berarti pada sumbernya.

Halaman atau Profil yang tidak memberikan peningkatan berarti pada konten atau menambahkan nilai pada konten yang diunggah akan mengalami pembatasan monetisasi dan distribusi yang terbatas di Facebook.

Ada tiga perilaku utama yang dapat menyebabkan Halaman atau Profil Anda diidentifikasi dengan keterbatasan keaslian:
  • Penyuntingan Terbatas: Halaman atau Profil yang mengunggah video yang bukan hasil produksi sendiri, dengan sedikit atau tanpa perubahan berarti (voiceover, komentar, grafis, atau penyuntingan kreatif yang tidak memberikan nilai tambah).
  • Gabungan: Halaman atau Profil yang menggabungkan video dari beberapa sumber tanpa perubahan berarti.
  • Konten Duplikat: Halaman atau Profil yang mengunggah konten yang sudah ada di Facebook, tanpa berperan berarti dalam pembuatannya.
Catatan: Kebijakan ini juga berlaku untuk konten yang dilindungi hak cipta atau dilisensikan.

Langkah Mengatasi OKT Facebook

Jika Halaman atau Profil Anda telah dicatat karena mengunggah konten dengan keterbatasan keaslian, Facebook menyarankan beberapa solusi berikut:
  1. Unggah Konten Orisinal: Tindakan terbaik yang dapat Anda lakukan adalah secara rutin mengunggah konten yang Anda hasilkan sendiri atau dengan mitra khusus.
  2. Beri Peningkatan Berarti: Anda dapat menggunakan konten dari sumber lain dalam unggahan Anda, tetapi pastikan Anda memberikan nilai tambah melalui penyuntingan kreatif, voiceover, atau komentar. Ini harus memberikan peningkatan yang bermakna pada konten.
  3. Evaluasi Konten Anda: Pastikan bahwa Anda hanya mengunggah konten yang Anda hasilkan sendiri atau berperan signifikan dalam pembuatannya.
  4. Ajukan Banding: Jika Anda merasa bahwa tanda keterbatasan keaslian diberikan secara tidak tepat, Anda dapat mengajukan banding kepada tim Facebook. Jika Anda ingin tetap sesuai dengan pedoman Facebook namun telah diberi tanda keterbatasan keaslian, pertimbangkan untuk mengunggah video orisinal atau yang mengalami perubahan signifikan sebelum mengajukan banding.

Kesimpulan

Itulah beberapa panduan untuk menciptakan konten facebook yang baik dan original serta langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan original konten terbatas atau OKT pada fanspage facebook, yakni dengan meungupload konten yang orisinil, dapatkan banyak interaksi dari follower, mengevaluasi konten yang dibuat dan terakhir mengajukan banding.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Baca Juga