Cara Jitu Mengatasi Burung Pleci Snot Agar Sembuh Kembali

Cara Mengatasi Burung Pleci Snot

Cara Mengatasi Burung Pleci Snot - Bagi anda yang menjadi pemilik burung, tentunya kesehatan burung peliharaan anda merupakan prioritas utama. Kesehatan yang baik akan berdampak positif pada kicauan yang indah yang bisa dihasilkan oleh burung tersebut.

Namun, terkadang munculnya beberapa masalah kesehatan dapat membuat anda resah. Salah satu masalah yang umumnya menyerang burung pleci adalah penyakit snot.

Penyakit snot bisa menyerang berbagai jenis burung, tidak hanya pleci, tetapi juga burung lain seperti ayam. Meskipun banyak yang mengira bahwa snot hanya terkait dengan penyakit mata, sebenarnya snot merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan burung.

Ciri-ciri Burung Pleci Terkena Snot

Agar anda dapat mengidentifikasi apakah burung pleci anda terkena snot, perhatikan ciri-ciri berikut:
  • Munculnya cairan di sekitar mata burung.
  • Infeksi pada selaput mata.
  • Pembengkakan di sekitar mata.
Jika anda melihat tanda-tanda tersebut pada burung peliharaan anda, langkah pertama yang harus diambil adalah menjaga kebersihan kandang dan segera melakukan pengobatan agar burung dapat pulih kembali.

Penanganan Awal: Menjaga Kebersihan Kandang

Untuk mencegah penyakit snot semakin memburuk, langkah awal yang dapat anda lakukan adalah membersihkan kandang burung secara berkala. Pastikan untuk membersihkan kandang dari berbagai hama yang mungkin menempel, dan gunakan desinfektan khusus untuk burung yang dapat anda beli di kios burung atau secara online.

Cara Mengobati Burung Pleci yang Terkena Snot

Setelah menjaga kebersihan kandang, langkah selanjutnya adalah memberikan perawatan khusus pada burung pleci yang terkena snot. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

1. Pisahkan Burung yang Sakit

Pisahkan burung yang terkena snot dengan burung yang sehat sejauh mungkin. Hindari membersihkan wadah pakan, kandang, atau aksesori burung sakit di tempat yang sama dengan burung sehat.

2. Jemur Burung di Bawah Matahari

Jemur burung yang terkena snot di bawah sinar matahari pada pagi hari sekitar jam 7-8 pagi. Hal ini membantu menjaga kebersihan burung dan mengurangi kelembaban di sekitar mata.

3. Bersihkan Wadah Pakan dan Kandang

Bersihkan wadah pakan, kandang, atau aksesoris burung dengan desinfektan, atau anda dapat membuat campuran desinfektan dengan menggunakan bayclin dan air dengan perbandingan bayclin 1 dan air 9.

4. Gunakan Antibiotik

Sebagai penyebab snot adalah bakteri, pengobatan yang efektif adalah dengan menggunakan antibiotik atau anti bakteri. Pilihlah obat snot yang mengandung antibiotik dan ikuti petunjuk penggunaannya.

5. Gunakan EM4 (Effective Microorganisms-4)

EM4 atau Effective Microorganisms-4 adalah probiotik yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan burung dan unggas. EM4 dapat menekan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh burung, terutama pada sistem pencernaan. Selain untuk mengatasi snot, EM4 juga dapat digunakan untuk berbagai masalah kesehatan burung lainnya.

6. Pengobatan Herbal dengan Kembang Telang dan Kitolot

Anda juga dapat menggunakan pengobatan herbal untuk mengatasi snot pada burung pleci. Kembang telang, tanaman merambat yang memiliki bunga berwarna biru, dapat direndam dalam air dan airnya diteteskan pada mata dan sekitar mata yang terdampak snot.

Kitolot, tanaman liar yang sering tumbuh di pekarangan, juga dapat digunakan dengan cara yang serupa untuk mengatasi masalah pada mata burung.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara pengobatan untuk mengatasi penyakit snot pada burung pleci. Namun, lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya. Selalu jaga kebersihan kandang, berikan makanan yang bergizi, dan perhatikan kesehatan burung secara rutin. Jika anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli burung terpercaya.

Kata Kunci Terkait Cara Mengatasi Burung Pleci Snot
  • mengobati mata burung dengan insto
  • obat snot pada burung
  • ciri-ciri snot pada burung
  • cara mengobati mata burung bengkak
  • obat snot burung di apotik
  • cara mengobati mata burung berair
  • cara mengobati snot dengan bawang merah
  • obat snot paling ampuh

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama