Cara Merawat Burung Prenjak dari Kecil Agar Sehat Tidak Mati

Cara Merawat Burung Prenjak dari Kecil

Cara Merawat Burung Prenjak dari Kecil - Burung Prenjak adalah jenis burung kicauan yang memiliki banyak penggemar. Suara kicauannya yang merdu dan lantang membuatnya diminati oleh banyak pecinta burung. Burung mungil ini mudah dirawat dan memiliki potensi gacor yang tinggi, terutama jika dipelihara sejak masih anakan.

Apabila anda memutuskan untuk memelihara burung Prenjak sejak anakan, maka anda akan lebih mudah mendapatkan burung yang gacor dan jinak. Selain itu, burung Prenjak yang dirawat sejak masih anakan dapat dilatih untuk menghasilkan variasi kicauan dengan memaster suara-suara burung lain.

Cara Merawat dan Meloloh Anakan Burung Prenjak

1. Penempatan

Tempatkan anakan burung Prenjak, terutama yang masih berada di dalam sarang, di tempat yang hangat. Penggunaan bohlam lampu 5 watt dekat sarang dapat memberikan penghangatan pada malam hari untuk mencegah kedinginan. Suhu ideal sekitar sarang adalah 37-38 °C.

Baca Juga: Cara Jitu Mengatasi Burung Prenjak Takut Orang Agar Jinak

Jika anakan sudah berusia 2 minggu dan bisa bertengger, pindahkan ke dalam sangkar harian dengan alas kertas koran. Bagian atas sangkar bisa dipasangi bohlam lampu 5 watt sebagai penghangat.

2. Pakan

Anakan burung Prenjak berusia di bawah 1 minggu dapat diberi kroto segar dan jangkrik kecil yang sudah dicelupkan ke air. Anakan berusia 1 minggu lebih bisa diberi adonan voer dan kroto atau perut jangkrik yang dicampur dan dilolohkan menggunakan kayu atau sendok kecil.

Jika sudah berusia 2-3 minggu, adonan voer dan kroto dibuat lebih kental. Setelah berusia 3-4 minggu, anakan sudah bisa diberi voer kering (halus) dan ditempatkan dalam kandang harian karena sudah bisa bertengger dengan baik.

3. Pemasteran

Lakukan pemasteran pada anakan burung Prenjak setelah diberi makan atau saat istirahat siang. Pilih burung masteran yang gacor seperti Prenjak, Ciblek, Cigun, Gelatik, atau burung lainnya. Pemasteran bisa dilakukan dengan burung masteran atau suara Mp3 ditempatkan dekat anakan.

Pemasteran rutin setiap hari akan membantu burung merekam suara-suara masteran dengan baik. Setelah berganti bulu, suara-suara masteran yang dipelajari akan mulai terdengar, dan saat dewasa, burung Prenjak akan menyanyikan variasi kicauan yang telah dipelajarinya.

Tips Merawat Anakan Burung Prenjak dengan Sabar

Merawat anakan burung Prenjak memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Masa perawatan anakan atau piyik burung Prenjak adalah masa yang kritis karena kondisi fisik burung masih lemah, bulu-bulunya belum tumbuh sempurna, dan belum dapat makan sendiri sehingga memerlukan perhatian ekstra.

Selama masa perawatan, anakan burung Prenjak harus diloloh setiap 15 menit sekali. Hal ini membutuhkan waktu dan perhatian anda, namun hasilnya akan terbayar ketika burung tumbuh sehat dan kuat.

Kesimpulan

Memelihara burung Prenjak, terutama sejak anakan, membutuhkan perhatian dan dedikasi ekstra. Dengan penempatan yang baik, pemberian pakan yang tepat, dan pemasteran yang rutin, anda dapat memiliki burung Prenjak yang sehat, gacor, dan memiliki variasi kicauan yang menarik. Semoga panduan ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi pencinta burung Prenjak. Terima kasih.

Kata Kunci Terkait Cara Merawat Burung Prenjak dari Kecil
  • harga burung prenjak
  • makanan burung prenjak sawah
  • makanan burung prenjak liar
  • makanan burung prenjak lumut
  • voer untuk prenjak
  • anakan prenjak lumut
  • cara merawat anakan ciblek agar tidak mati
  • cara merawat prenjak bahan agar cepat bunyi

Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url