Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Burung Cucak Ijo, Pemula Wajib Tahu agar Tidak Terjadi



Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Cucak Ijo

Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Cucak Ijo - Para kicau mania khususnya yang memelihara burung cucak ijo, banyak yang beranggapan bahwa memelihara burung Cucak Ijo dan murai batu dalam satu ruangan adalah sebuah pantangan.

Oleh karena itulah banyak para cucak ijo mania yang menghindari perilaku memelihara cucak ijo dan murai batu dalam satu ruangan atau satu rumah secara berhadap-hadapan, hal ini dikarenakan bisa membuat salah satu burung mengalami drop mental.

Namun sebenarnya tidak hanya burung murai batu saja yang tidak boleh didekatkan dengan burung cucak ijo, tapi ada beberapa burung lainnya yang tidak boleh dipelihara dalam satu ruangan dengan cucak ijo.

Jenis Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Cucak Ijo

1. Burung Murai Batu

Apa saja burung yang tidak boleh dekat dengan cucak ijo? "Kalau menurut saya, harus ada yang dikrodong. Misanya cucak ijo diablak, murainya dikrodong. Agar tidak agresif dan tidak menyerang. Meskipun dengar suara kicau, tetap tenang. Murai kalau dengar suara lantang, dia pasti akan tetap bunyi lantang," terang Pak Budi, seorang penangkar burung.

2. Burung Kacer

Tidak bisa dipungkiri burung kacer memiliki suara yang khas dan sangat bervariasi, apalagi ketika sudah bongkar isian. Namun, keberadaannya yang dominan dapat membuat cucak ijo stres dan kehilangan fokus saat berkicau. Hindari meletakkan kacer terlalu dekat dengan burung cucak ijo.

3. Burung Anis Merah

Anis merah memiliki karakteristik suara yang keras dan cenderung monoton. Ini bisa mengganggu burung cucak ijo yang sedang dalam tahap latihan suara. Hindari meletakkan anis merah terlalu dekat agar burung cucak ijo dapat berkicau dengan fokus.

4. Burung Teledean

Teledean atau cucak rowo memiliki kebiasaan bicara yang kuat dan bisa menjadi sumber gangguan bagi cucak ijo yang sedang berlatih suara. Tempatkan teledean di lokasi yang jauh agar burung cucak ijo dapat berkicau dengan tenang.

5. Burung Kutilang

Kutilang memiliki suara yang khas tetapi bisa mengganggu konsentrasi cucak ijo. Jangan letakkan kutilang terlalu dekat, terutama jika cucak ijo sedang dalam masa latihan atau persiapan untuk lomba.

Ciri-Ciri Burung yang Tidak Boleh Disandingkan dengan Burung Cucak Ijo

Selain jenis burung diatas, ada juga ciri-ciri burung yang tidak boleh disandingkan dengan burung cucak ijo, yakni burung yang memiliki warna cerah. "Jika cucak ijo terus berhadapan dengan warna mencolok, maka burung tersebut akan kelabakan dan mengalami over birahi yang tidak terkendali. Akibatnya, cucak ijo akan menjadi sangat aktif dan berisik demi mencari perhatian dari orang di sekitarnya," jelas Pak Anton, seorang ahli perawatan burung.

Burung yang memiliki karakter salto juga sebaiknya dihindari sebagai pendamping cucak ijo. "Jika ia melihat burung lain salto, cucak ijo akan menirunya dengan cepat," tambah Ibu Dewi, seorang penghobi burung.

Hal yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan Umum seputar Burung yang Tidak Boleh Dekat dengan Cucak Ijo
  • Mengapa burung murai batu tidak boleh didekatkan dengan cucak ijo?
    Karena dapat menyebabkan konflik dan agresivitas di antara keduanya.
  • Apa yang sebaiknya dilakukan jika ingin memelihara burung murai batu dan cucak ijo dalam satu ruangan?
    Salah satu burung harus dikrodong untuk menghindari konflik.
  • Mengapa burung kacer tidak cocok ditempatkan bersama cucak ijo?
    Kacer memiliki suara yang dominan dan bervariasi, yang dapat membuat cucak ijo stres.
  • Apa yang harus dilakukan jika cucak ijo terus mengalami stres karena adanya burung lain di sekitarnya?
    Pemilik perlu memisahkan cucak ijo dari burung lain yang dapat mengganggunya.
  • Mengapa warna cerah dapat mempengaruhi perilaku cucak ijo?
    Karena warna cerah dapat membuat cucak ijo terlalu aktif dan mencari perhatian.

Akhir Kata

Sejumlah pantangan ini bisa menimbulkan berbagai macam risiko yang bisa dialami oleh burung cucak ijo Andad jika tidak diikuti dengan benar. Dengan penempatan yang tepat, kita dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi murai batu dan burung peliharaan lainnya.
Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url