Tips Merawat dan Meloloh Burung Prenjak yang Masih Anakan


Tips Merawat dan Meloloh Burung Prenjak yang Masih Anakan - Halo para Sobat Kicau Mania dimanapun anda berada. Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips tentang cara merawat dan meloloh burung prenjak yang masih anakan atau masih lolohan. Nah bagi anda yang memiliki burung prenjak yang masih anakan, bisa mempraktikkan tips perawatan pada artikel ini.

Pada dasarnya, burung prenjak adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh para kicau mania. Dikarenakan burung ini memiliki suara yang merdu dan sangat lantang, meskipun memiliki pstur tubuh yang kecil.Dalam perawatan pada burung prenjak memang cukup mudah, dan pada umumnya burung prenjak akan cepat gacor apabila burung tersebut jinak.

Untuk merawat burung prenjak supaya jinak, umumnya para kicau mania merawatnya dari lolohan atau masih anakan. Dan biasanya burung ini juga bisa dimasteri dengan suara burung lain yang bervariasi apabila masih anakan. Namun untuk merawat burung prenjak yang masih anakan memang dibutuhkan kesabaran dan konsisten.

Hal itu karena anda tidak bisa langsung menggacorkan burung prenjak tersebut. Adan tahapan-tahapan tertentu dalam perawatan burung ciblek anakan ini. Anda harus menyempatkan waktu untuk memberinya pakan, karena biasanya burung prenjak anakan akan merengek-rengek setiap 15 menit sekali karena kelaparan.


Cara Merawat dan Meloloh Burung Prenjak Anakan

Ketika anakan burung prenjak anda masih berumur beberapa hari, hal tersebut adalah masa-masa kritis. Dikarenakan kondisi fisik burung ciblek anakan tersebut masih lemah dan pada bagian bulu-bulunya masih belum tumbuh dengan sempurna. Oleh karena itu dibutuhkan perawatan yang ekstra, berikut adalah cara merawat burung prenjak yang masih anakan.

1. Penempatan Kandang

Dalam perawatan burung prenjak yang masih anakan, memang perlu perhatian ekstra. Tentunya dalam hal ini burung prenjak anakan perlu membutuhkan penghangat, terutama pada malam hari supaya burung prenjak anakan tersebut tidak terasa kedinginan.

Berikan bohlam lampu 5 watt dan dekatkan pada sarangnya sebagai penghangat. Lakukan cara ini selama burung sudah sudah bisa makan dengan sendirinya, alangkah baiknya lagi lapisi koran pada sekeliling sangkar supaya burung prenjak tersebut mendapatkan kehangatan yang maksimal.


2. Pemberian Pakan

 Untuk pemberian pakan pada burung prenjak anakan yang masih berusia 1 minggu, saya menyarankan untuk melolohnya dengan kroto yang masih segar. Namun apabila anda merasa kesusahan untuk mencari pakan kroto, anda juga bisa memberikan perut jangkrik yang masih kecil.

Jangan berikan voer terlebih dahulu, karena pada dasarnya burung prenjak yang masih anakan memang diloloh menggunakan serangga oleh indukannya. Pemberian pakan tersebut bertujuan agar nutrisi burung terpenuhi, dengan itu burung prenjak anakan yang anda miliki akan lebih sehat dan cepat dalam proses petumbuhannya.


3. Tahap Pemasteran

Walapun burung ciblek tidak secerdas burung yang lain dalam hal menirukan beragam suara masteran. Tetapi bukan berarti burung prenjak tersebut tidak bisa diberikan masteran burung lain. Untuk tahap pemasteran ini bisa anda lakukan ketika burung sedang anda berikan pakan ataupun sedang istirahat.

Untuk tahap pemasteran menggunakan burung masteran, caranya yaitu dengan mendekatkan burung masteran tersebut dengan burung prenjak anda. Namun apabila anda menggunakan mp3 untuk tagap pemasteran, letakkan didekat burung anakan tersebut dengan volume yang sedang.


3. Perawatan Harian

Setelah burung prenjak yang anda miliki berganti bulu dewasa, berikan penjemuran pada burung tersebut sebentar saja. Lalu untuk pakannya berikan voer halus dan  EF (Extra Fooding) berupa jangkrik kecil, kroto, dan juga ulat kandang untuk mencukupi kebutuhan protein pada burung prenjak.

Dalam hal ini, kebersihan sangkar juga perlu diperhatikan, bersihkan sangkar secara rutin agar burung prenjak tetap terasa nyaman serta terhindar dari penyakit akibat sangkar yang kotor. Yang terakhir yaitu ganti air minum burung tersebut setiap 1 hari sekali, hal ini bertujuan agar burung prenjak anda tidak terjangkit kuman dan juga bakteri yang dapat mempengaruhi kesehatan burung.


Penutup

Demikian beberapa tips yang bisa saya sampaikan tentang cara merawat burung prenjak yang masih anakan. Untuk informasi dan tips yang lain seputar burung prenjak anda bisa mengunjungi artikel sebelumnya. Terima kasih telah mengunjungi artikel ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat kicau semuanya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
2 Comments
  • Unknown
    Unknown 3 Oktober 2021 18.36

    Sangat bermanfaat tips nya

    • BangParid
      BangParid 3 Oktober 2021 18.43

      Terima kasih sudah berkunjung :D

Tambahkan Komentar
comment url