Perawatan Burung Kacer Giras Agar Gacor Full Isian

PERAWATAN KACER GIRAS AGAR GACOR

Perawatan Kacer Giras Agar Gacor - Hai sobat kicau mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ulasan seputar perawatan kacer giras agar gacor. Perlu diketahui, bahwa burung kacer memang mudah sekali giras. Oleh sebab itu memberikan perawatan yang tepat dan maksimal dapat menyebabkan burung kacer menjadi jinak dan gacor.

Perawatan kacer giras untuk lomba dibutuhkan waktu yang cukup lama, seperti penjelasan saya di artikel sebelumnya. Burung kacer yang baru saja dipelihara membutuhkan adaptasi dengan voer untuk kacer giras dan cukup lama dengan lingkungan barunya.

Burung kacer yang sudah jinak dengan pemiliknya dan terbiasa dengan lingkungan barunya mereka akan mudah sekali gacor dan lebih sering berkicau. Namun apabila burung kacer saat didekati masih grabakan dan giras berarti burung kacer tersebut masih liar dan belum beradaptasi dengan cepat.

Keadaan seperti ini memang tidak dapat dibiarkan begitu saja, sebagai pemilik anda harus segera tanggap untuk mengatasinya. Untuk itu anda perlu melakukan latihan dan terapi supaya burung kacer menjadi jinak dan gacor. Sehingga mentalnya tempurnya bisa kembali dan tidak mudah takut lagi dengan manusia.

Apabila burung kacer anda sudah mulai jinak, maka perawatannya akan semakin mudah. Banyak sekali cara untuk menjinakkan burung kacer yang giras menjadi gacor dan rajin berkicau. Cara yang saya bagikan kali ini sering diterapkan oleh kicau mania untuk mengatasi burung kacernya yang giras menjadi gacor.

Baca Juga: Terapi Burung Kacer Stres Agar Gacor Kembali

Jika anda penasaran dengan perawatannya, dibawah ini ada beberapa cara mudah untuk menjinakkan burung kacer giras menjadi gacor. Perawatan yang saya bagikan ini biasanya dilakukan 2 mingguan dengan sabar dan konsisten. Selama perawatan perlahan-lahan burung kacer akan mulai gacor dan jinak.

Langkah-langkah Cara Merawat Burung Kacer Giras Menjadi Jinak

1. Gantang di tempat yang ramai

Cara pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi burung kacer yang giras yaitu dengan menggantungnya di teras depan rumah yang biasanya sering dilewati banyak orang saat beraktivitas. Sebelum menggantung, pastikan tangkringan kacer giras sudah benar dan burung sudah dimandikan serta diberikan ekstra fooding.

2. Kerodong pada malam hari

Cara mengatasi kacer giras dan macet bunyi yaitu dengan membuatnya menjadi lebih tenang. Untuk membuat burung kacer tenang, anda bisa melakukan metode kerodong pada malam harinya. Hal ini supaya burung kacer tidak banyak tingkah dan merupakan rawatan kacer giras juara.

3. Gantang di tempat yang sepi di malam hari

Dalam kondisi dikerodong tadi, burung kacer digantung di tempat yang sepi dan nyaman hingga keesokan harinya. Namun sebelum itu pastikan stok minuman dan makanannya sudah tersedia dalam sangkar, langkah tersebut merupakan cara menaikan birahi kacer giras.

4. Buka kerodong di pagi hari

Saat pagi hari, bukalah kain kerodongnya secar perlahan-lahan agar burung kacer tidak merasa kaget dan ketakutan. Setelah itu lanjut ke metode pengembunan di pagi hari agar burung kacer bisa menghirup udara segar di pagi hari dan merangsang kacer untuk berkicau.

5. Lakukan terapi lapar

Tahapan selanjutnya yaitu membuat burung merasa lapar. Cara seperti ini dikatakan sebagai terapi, namun hanya dapat dilakukan ketika burung kacer anda sudah mulai ngevoer. Apabila burung kacer belum makan voer, cara seperti ini tidak dianjurkan untuk dilakukan terlebih dahulu. Karena bisa menyebabkan burung kacer menjadi sakit dan drop.

6. Gantang di tempat yang ramai sambil melakukan terapi lapar

Ambil cepuk makanan dan minumannya dari sangkar, kemudian letakkan sangkar burung tersebut yang dekat dengan manusia berlalu lalang. Pastikan sangkar burung tidak dapat digapai oleh hewan lain seperti tikus, kucing dan sebagainya. Letakkan sangkar burung ditempat yang nyaman dan aman serta jauh dari tangan pencuri burung.

7. Tunggu sampai bulunya mengering

Tunggulah hingga bulu burung kacer menjadi kering dan biarkan sangkar masih dekat dengan keramain manusia. Jika bulunya sudah mulai mengering, biasanya burung kacer akan merasa lapar, cobalah untuk memberikan jangkrik dari tangan anda langsung. Tapi jika burung kacer anda belum mau mengambilnya bisa mencoba dengan lidi.

8. Ajak jalan-jalan

Perawatan kacer giras tipe dingin selanjutnya adalah dengan melakukan kerodong full pada sangkar menggunakan kain yang tipis. Sehingga burung kacer dapat melihat samar-samar kondisi lingkungan sekitarnya, bisa juga anda membawanya ke tempat ramai seperti pasar burung.

9. Pada sore hari gantang di rungan yang ramai

Pada sore harinya, burung kacer bisa digantung pada ruangan yang selalu digunakan untuk beraktivitas anggota keluarga. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kacer giras sebaiknya dikerodong atau tidak agar burung kacer semakin terbiasa dengan keadaan sekitar yang ramai orang.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang cara merawat burung kacer giras jadi gacor. Sebenarnya cara menjinakkan kacer memang sama seperti pada umumnya. Hanya saja jika ingin menggacorkan burung kacer, diperlukan perawatan tambahan dengan menyertakan perawatan hariannya yaitu seperti pengembunan, penjemuran, pemandian dan lain sebaginya.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url