100% Akurat! Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning

PERBEDAAN PLECI JANTAN DAN BETINA DADA KUNING

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning - Burung Pleci dada kuning adalah salah satu jenis burung Pleci yang memiliki ciri khas warna kuning cerah pada bagian dadanya. Burung Pleci ini biasanya ditemukan di daerah-daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Burung Pleci dada kuning memiliki nama ilmiah "Zosterops palpebrosus" dan juga dikenal dengan nama burung Mata Puteh.

Burung Pleci dada kuning memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 10-12 cm dan berat sekitar 8-12 gram. Warna bulu pada burung ini umumnya hijau keabuan pada bagian punggung, kepala, dan sayap, sementara warna kuning cerah pada bagian dada dan perut. Burung ini juga memiliki ciri khas mata berwarna putih yang besar dan indah.

Baca Juga: Cara Membedakan Burung Pleci Dakun Bali Jantan dan Betina

Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan indah, sehingga sering dijadikan burung peliharaan atau untuk lomba burung kicauan. Salah satu perbedaan yang paling mencolok pada burung Pleci adalah perbedaan antara burung jantan dan betina dada kuning. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan burung Pleci jantan dan betina dada kuning.

Perbedaaan Pleci Jantan dan Betina Dada Kuning

Ukuran

Perbedaan pertama yang paling mencolok adalah ukuran burung Pleci jantan dan betina dada kuning. Burung Pleci jantan biasanya lebih besar daripada betina dada kuning. Selain itu, jantan memiliki postur yang lebih tegap dan lebih besar dari betina.

Warna Dada

Perbedaan yang paling mencolok pada burung Pleci jantan dan betina dada kuning adalah warna dada. Seperti namanya, betina memiliki dada yang berwarna kuning cerah, sementara pada burung jantan warna dada lebih kehijauan atau hijau kekuningan.

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh juga menjadi perbedaan antara burung Pleci jantan dan betina dada kuning. Jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan kekar, sementara betina memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk dan bulat.

Suara

Burung Pleci jantan dan betina dada kuning memiliki suara yang berbeda. Jantan memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan keras, sedangkan betina cenderung lebih pendiam dan kurang aktif dalam berkicau.

Perilaku

Perilaku burung Pleci jantan dan betina dada kuning juga berbeda. Jantan cenderung lebih agresif dan bersifat dominan dalam kelompok burungnya, sementara betina lebih cenderung bersikap pasif dan lebih terfokus pada aktivitas bercocok tanam di dalam sangkar.

Selain itu, perbedaan antara burung Pleci jantan dan betina dada kuning juga dapat membantu dalam memilih pasangan untuk melakukan pembiakan. Pemilihan pasangan yang tepat dapat menghasilkan anak burung Pleci yang sehat dan berkualitas.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua burung Pleci jantan memiliki dada hijau kekuningan. Beberapa burung Pleci jantan memiliki dada yang sama dengan betina, yaitu dada kuning cerah. Oleh karena itu, untuk memastikan jenis kelamin burung Pleci, perlu dilakukan pemeriksaan fisik yang cermat dan hati-hati.

Selain perbedaan yang telah disebutkan di atas, ada beberapa faktor lain yang dapat membedakan burung Pleci jantan dan betina dada kuning, seperti bentuk kepala, warna bulu, dan pola bulu pada tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari dan memahami karakteristik masing-masing jenis kelamin agar dapat mengidentifikasi burung Pleci dengan benar.
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama