Cara Menggunakan Facebook Insight dan Facebook Analytics Untuk Pemula

Cara Menggunakan Facebook Insight dan Facebook Analytics

Facebook bukan lagi sekadar platform sosial untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga. Bagi banyak orang, Facebook juga menjadi alat bisnis yang kuat untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek mereka.

Namun, menggunakan Facebook untuk bisnis tidak hanya tentang memposting konten secara acak dan berharap mendapatkan hasil yang baik. Anda perlu memahami dan menganalisis data untuk melihat sejauh mana upaya Anda berhasil. Inilah mengapa Facebook Analytics dan Facebook Insights sangat penting.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memanfaatkan alat-alat ini dengan lebih baik untuk mengoptimalkan kehadiran Anda di Facebook. Kami akan membahas langkah-langkah penggunaan, metrik yang perlu diperhatikan, dan bagaimana Anda dapat mengukur kesuksesan bisnis Anda di platform ini.

Memahami Facebook Analytics dan Facebook Insights

Sebelum kita memasuki panduan langkah demi langkah, mari kita pahami apa sebenarnya Facebook Analytics dan Facebook Insights.

Facebook Analytics adalah alat yang lebih luas yang memberi Anda wawasan mendalam tentang audiens Anda, perilaku mereka di seluruh platform Facebook, dan banyak lagi. Ini adalah alat yang kuat untuk menganalisis kinerja bisnis Anda secara keseluruhan dan menciptakan strategi yang lebih efektif.

Facebook Insights, di sisi lain, lebih fokus pada performa individual halaman atau akun Facebook Anda. Ini memberikan statistik tentang bagaimana postingan Anda berkinerja, siapa yang berinteraksi dengan mereka, dan metrik kunci lainnya yang berkaitan dengan halaman Anda.

Mari kita lanjutkan dengan cara mengakses dan menggunakan keduanya.

Cara Mengakses Facebook Insights

Untuk mengakses Facebook Insights, Anda perlu memiliki sebuah halaman bisnis dengan lebih dari 30 penggemar. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Buka halaman bisnis Anda di Facebook.
  2. Klik tab "Insights" yang terletak di bagian atas halaman Anda.
  3. Di sini, Anda akan melihat berbagai metrik dan statistik yang relevan dengan halaman Anda.
Dari bagian Insights di halaman Anda, Anda akan memiliki akses ke banyak informasi yang akan membantu Anda mengevaluasi kinerja Anda di masa lalu, saat ini, dan merencanakan strategi di masa depan.

Fitur Pada Facebook Insights

Ringkasan Halaman/Kinerja (Page Summary/Performance)

Ringkasan Halaman/Kinerja adalah tempat pertama yang harus Anda periksa saat membuka Facebook Insights. Ini menampilkan metrik untuk periode 7, 14, 28, atau 90 hari terakhir. Beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan di sini termasuk:
  • Jangkauan Postingan (Post Reach): Ini adalah jumlah orang yang melihat konten Anda setidaknya satu kali. Ini berbeda dengan impresi, yang mungkin menghitung beberapa tayangan konten oleh orang yang sama.
  • Interaksi (Engagement): Ini mencakup jumlah reaksi, komentar, berbagi, dan klik pada postingan Anda.
  • Pengikut Bersih (Net Followers): Jumlah pengikut baru dikurangi jumlah orang yang berhenti mengikuti halaman Anda.
  • Tayangan Video 3 Detik (3-Second Video Views): Ini adalah frekuensi video Anda diputar selama minimal 3 detik.
  • Tayangan Video 1 Menit (1-Minute Video Views): Ini adalah frekuensi video Anda diputar selama minimal 1 menit.
Halaman ini memberikan gambaran cepat tentang bagaimana halaman Anda berkinerja dalam berbagai aspek.

Insight Postingan Reels

Bagi Anda yang menggunakan fitur Reels di Facebook, Anda juga dapat melihat metrik khusus untuk konten Reels Anda. Beberapa metrik yang relevan termasuk:
  • Jangkauan Postingan Reels (Reels Post Reach): Ini adalah jumlah orang yang melihat Reel Anda setidaknya satu kali.
  • Pemutaran (Plays): Berapa kali Reel Anda mulai diputar setelah impresi dihitung. Pemutaran ini dapat diartikan sebagai sesi Reels dengan pemutaran selama 1 milidetik atau lebih lama dan tentunya tidak termasuk pemutaran ulang.
  • Menit Rata-rata (Average Minutes): Jumlah rata-rata Reels Anda diputar.
  • Menit Ditonton (Minutes Viewed): Jumlah total menit Reels Anda diputar, termasuk waktu yang dihabiskan untuk memutar ulang Reel tersebut.
  • Suka (Likes): Jumlah suka pada Reel Anda.
  • Komentar (Comments): Jumlah komentar pada postingan.
  • Berbagi (Shares): Berapa kali postingan Anda dibagikan.
Ini adalah metrik penting yang dapat membantu Anda memahami seberapa baik konten Reels Anda dilakukan dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya.

Insight Postingan

Insight Postingan adalah area di mana Anda dapat melihat statistik untuk postingan individual Anda. Beberapa metrik yang perlu Anda perhatikan di sini termasuk:
  • Jangkauan Postingan (Post Reach): Ini adalah jumlah orang yang melihat konten Anda setidaknya satu kali. Ini berbeda dengan impresi, yang mungkin menghitung beberapa tayangan konten oleh orang yang sama.
  • Impresi (Impressions): Frekuensi konten Anda muncul di layar.
  • Interaksi (Engagement): Ini mencakup jumlah reaksi, komentar, berbagi, dan klik pada postingan Anda.
  • Tanggapan (Reactions): Jumlah tanggapan pada postingan. Dengan tombol tanggapan pada postingan, umumnya pengguna facebook lainnya dapat membagikan berbagai tanggapan terhadap kontennya.
  • Komentar (Comments): Jumlah komentar pada postingan.
  • Berbagi (Shares): Berapa kali postingan Anda dibagikan.
Dengan memahami metrik-metrik ini, Anda dapat mengevaluasi kinerja postingan Anda dan menyesuaikan strategi konten Anda sesuai kebutuhan.

Insight Pengikut

Halaman Insight Pengikut memberi Anda wawasan tentang siapa yang mengikuti halaman Anda. Beberapa metrik yang relevan termasuk:
  • Pengikut Bersih (Net Followers): Jumlah pengikut baru dikurangi jumlah orang yang berhenti mengikuti selama periode ini.
  • Pengikut vs. Bukan Pengikut (Followers vs. Non-Followers): Perincian berdasarkan jenis postingan.
  • Usia dan Jenis Kelamin (Age and Gender): Distribusi usia dan jenis kelamin pengikut Anda. Nilai ini merupakan estimasi.
  • Negara Teratas (Top Countries): Negara tempat pengikut Anda ditargetkan. Nilai ini merupakan estimasi.
  • Kota Teratas (Top Cities): Kota tempat pengikut Anda ditargetkan. Nilai ini merupakan estimasi.
Informasi ini sangat berharga jika Anda ingin memahami siapa target audiens Anda dan bagaimana Anda dapat lebih baik menargetkan mereka dengan konten Anda.

Cara Menggunakan Facebook Analytics

Sekarang, mari kita bahas bagaimana Anda dapat menggunakan Facebook Analytics untuk mengukur kinerja keseluruhan bisnis Anda di platform ini.

Mengukur Keterlibatan (Engagement)

Dalam Facebook Analytics, mengukur keterlibatan adalah salah satu langkah pertama yang perlu Anda lakukan. Ini mengacu pada persentase orang yang merespon, membagikan, mengklik, atau mengomentari postingan Anda.

Dalam hal ini tentunya Anda juga akan diberikan gambaran tentang lima postingan terbaru Anda yang mencakup tentang target informasi, pencapaian, dan lainnya. Berikut cara menggunakannya:
  1. Klik "Insights" di bagian atas halaman Anda.
  2. Klik "Posts".
  3. Arahkan pada "All Posts".
  4. Klik tanda panah di sebelah kanan "Post Click/Reactions, Comments & Share".
  5. Pilih "Engagement Rate".

Jumlah Likes

Salah satu hal yang paling banyak digunakan untuk mengetahui jangkauan postingan di facebook adalah adalah melalui jumlah Likes pada post FB. Untuk mengakses tab "Likes", pilih dari bagian atas layar Page Anda kemudian klik "Overview" dan "Reach".

Dalam menghitung jumlah likes faceboook, grafik pertama yang terlihat adalah rentang tanggal untuk melihat kinerja pada halaman yang Anda miliki. Setelah itu selanjutnya grafik di bawahnya akan menampilkan total Likes dari berbagai macam sumber seperti iklan, Pages, pencarian, dan masih banyak lagi.

Jumlah Kunjungan

Selain itu Anda juga perlu memeriksa berapa kali Pages atau halaman yang Anda miliki dikunjungi oleh orang-orang pengguna facebook. Dengan mengetahui jumlah kunjungan di Pages Anda, Anda dapat memahami apa yang disukai oleh orang-orang dari Pages Anda, apa yang dibicarakan, dan bagaimana mereka dapat masuk ke Pages Anda.

Umumnya pada grafik acuan eksternal, Anda bisa melihat darimana kunjungan tersebut berasal secara jelas dan realtime. Seperti misal bisa saja kunjungan tersebut berasal dari mesin pencari, situs-situs lain, maupun saluran sosial lainnya. Informasi ini berguna jika tujuan bisnis Anda adalah mengarahkan traffic dari sumber lainnya.

Posts

Di sebelah tab "Visits", selanjutnya Anda akan menemukan tab "Posts". Tab ini akan membantu Anda memecah setiap postingan dan potongan konten untuk melihat seberapa baik postingan Anda, dan juga akan membantu Anda memahami konten apa yang disukai pengunjung dan mampu membuat konten yang sesuai.

Dengan memahami metrik-metrik ini dan menggunakannya secara efektif, Anda dapat mengoptimalkan kinerja bisnis Anda di Facebook.

Kesimpulan

Dengan memanfaatkan alat-alat seperti Facebook Analytics dan Facebook Insights, Anda dapat mengukur kinerja bisnis Anda di Facebook dengan lebih baik. Anda dapat memahami siapa audiens Anda, bagaimana konten Anda berkinerja, dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Memahami data adalah kunci untuk kesuksesan bisnis di platform ini.

Jadi, mulailah menganalisis dan mengoptimalkan halaman Anda hari ini untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan. Semoga artikel ini membantu Anda memahami cara menggunakan alat-alat ini dengan lebih baik dan mengoptimalkan kehadiran Anda di Facebook.
Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama