Metode Cara Ternak Burung Pleci Full Campur Dijamin Berhasil

Cara Ternak Burung Pleci Full Campur

Cara Ternak Pleci Full Campur - Anda mungkin sudah familiar dengan burung pleci atau sering disebut burung kacamata. Jenis burung kecil ini berasal dari keluarga Zosteropidae dan dikenal dengan suara khasnya yang merdu, rapat, dan tajam. Keistimewaan suara inilah yang membuat burung pleci sangat diminati untuk dibudidayakan.

Selain itu, permintaan akan burung ini tinggi, dan harganya jarang mengalami penurunan yang drastis. Untuk memahami potensi budidaya pleci, penting untuk mengeksplorasi metode ternak yang efektif, salah satunya adalah metode sangkar gantung.

Metode Ternak Pleci Full Campur

Untuk membudidayakan burung pleci, diperlukan kesabaran dan keahlian. Salah satu metode yang dapat Anda pilih adalah metode full campur, di mana sepasang burung pleci digabungkan secara terus-menerus dari penjodohan hingga memiliki keturunan.


Meskipun metode ini mudah dan praktis, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

1. Siapkan Sangkar Breeding

Burung pleci tidak memerlukan kandang besar, sehingga sangkar gantung bisa menjadi pilihan yang hemat tempat, mudah perawatannya, dan tidak memerlukan biaya besar. Namun, jika Anda memiliki lahan luas, kandang tipe solitare juga bisa dipertimbangkan, dengan memastikan bahwa sarang untuk reproduksi telah disiapkan di dalamnya.

2. Pemilihan Induk Pleci

Pemilihan induk pleci yang berkualitas sangat penting. Pastikan induk betina berusia minimal 1 tahun, jinak, sehat secara fisik, memiliki suara merdu, dan berasal dari indukan yang berkualitas. Pilih induk jantan yang juga berusia minimal 1 tahun, jinak, birahi stabil, dan memiliki fisik yang baik.

3. Proses Penjodohan

Penjodohan dapat dilakukan dengan mendekatkan kedua induk selama 1-2 minggu sambil memberikan makan hewani seperti jangkrik atau ulat hongkong. Pisahkan kedua sangkar pada hari ke-5 agar keduanya saling melihat satu sama lain. Jika keduanya sudah saling memanggil dengan suara call yang lantang, tandanya penjodohan berhasil.

4. Pakan Sehari-hari

Perhatikan asupan pakan harian agar tidak kekurangan. Pastikan sangkar selalu terdapat pakan seperti voer, ulat hongkong, buah, tulang sotong, dan vitamin. Kekurangan pakan bisa berakibat fatal, seperti burung mati kelaparan.

5. Perawatan Harian

Lakukan perawatan harian seperti embunkan pada pagi hari sekitar jam 8 pagi setelah sinar matahari keluar, dijemur dengan semprotan air sedikit, dan gantungkan di bawah pohon. Saat malam, kembalikan ke tempat gantungan awal. Pastikan burung tidak dipindah tempat agar dapat beradaptasi dengan baik.

Manfaat Metode Sangkar Gantung Untuk Ternak Pleci

Sangkar gantung memiliki beberapa keunggulan, terutama untuk pemula dalam budidaya pleci. Keuntungan utama termasuk hemat tempat, biaya perawatan yang lebih rendah, dan kemudahan dalam pengamatan burung. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat lebih intensively memantau tingkah laku pleci dan mendeteksi tanda-tanda kesehatan atau birahi.


Selain itu, sangkar gantung dapat ditempatkan dengan mudah di berbagai lokasi, seperti teras, halaman, atau bahkan di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup. Ini memberi fleksibilitas tambahan dalam menyediakan lingkungan yang sesuai untuk pleci berkembang biak.

Pentingnya Pemilihan Induk yang Berkualitas

Keberhasilan dalam budidaya pleci tidak hanya ditentukan oleh metode ternak, tetapi juga oleh kualitas induk yang dipilih. Induk yang sehat, jinak, dan memiliki sifat-sifat baik dapat memberikan keturunan yang unggul. Pemilihan induk betina yang mampu bertelur dengan baik dan induk jantan yang memiliki suara kicauan yang bagus menjadi kunci utama kesuksesan.

Pastikan untuk memahami ciri-ciri induk pleci yang berkualitas, seperti warna bulu yang cerah, postur fisik yang baik, dan sifat yang jinak. Dengan memilih sepasang induk yang baik, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan anakan pleci yang sehat dan berkualitas.

Kesimpulan

Metode ternak pleci menggunakan sangkar gantung adalah pilihan yang efektif, terutama untuk pemula. Dengan memahami langkah-langkahnya dan memperhatikan kualitas induk, Anda dapat membudidayakan burung pleci dengan lebih berhasil.

Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian ekstra pada aspek-aspek perawatan harian dan kesehatan pleci. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda, para kicau mania. Jangan ragu untuk bertanya atau memberikan komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan. Terima kasih!

Kata Kunci Terkait Cara Ternak Pleci Full Campur
  • ternak pleci sangkar gantung
  • cara ternak pleci biar cepat bertelur
  • cara ternak burung pleci secara koloni
  • ternak pleci full campur
  • ternak pleci kandang aviary
  • cara ternak pleci monty
  • cara membuat sarang burung pleci
  • sarang burung pleci ternak

Muchammad Farid

Saya adalah seorang Influencer dan Content Creator di bidang Media Online

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama