Inilah Pengertian Lengkap Tentang Desain Grafis


Pengertian Desain Grafis

Apakah Anda sudah sudah mengenal apa sih itu desain grafis?. Jika belum kami akan menjelaskan pengertian dari desain grafis. Desain Grafis adalah proses komunikasi yang memanfaatkan elemen visual, misalnya seperti photografi, ilustrasi, dan tipografi yang bertujuan untuk menciptakan persepsi dari pesan yang disampaikan.

Dengan kata lain, desain grafis yakni komunikasi visual yang menggabungkan gambar, teks, dan foto untuk mengemukakan gagasan. Pada saat ini, para desainer grafis bisa menciptakan karya-karya menarik dan tentunya dengan bantuan berbagai aplikasi atau software. Beberapa software dan aplikasi tersebut umumnya adalah Adobe Photoshop, CorelDraw, dan Canva.

Jenis Desain Grafis

1. Grafis Lingkungan

Desain grafis yang satu ini sangat berkaitan dengan komunikasi visual terhadap audiens di lingkungan tertentu, contohnya di transportasi umum, desain interior, dan merek kantor. Sehingga, desainer harus mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pengalaman visual di berbagai lingkungan.


2. Desain Grafis Seni dan Ilustrasi

Desain grafis seni dan ilustrasi ialah desain grafis yang berkaitan dengan pembuatan komposisi atau seni untuk tujuan komunikasi. Contoh pengaplikasian macam desain grafis ini adalah mendesain kaos, animasi, skema kain, novel grafis, gambar stock, dan photografi.

3. Desain Kemasan

Kemasan mempunyai peranan penting dalam pemasaran dan penjualan dalam suatu produk. Produk yang mempunyai kemasan menarik cenderung dapat di sukai oleh para konsumen. 

Untuk menciptakan kemasan yang baik dan menarik, pelaku usaha perlu bantuan desainer grafis khususnya yang ahli dalam desain kemasan atau packaging. Fokus pengembangan pada desain kemasan ada di konsep, pembuatan file kemasan siap cetak, dan pengembangan market.
 

4. Motion Grafis

Motion grafis dapat dikatakan sebagai macam desain grafis yang cukup baru dan perkembangannya terlalu pesat. Desain grafis yang satu ini menggabungkan beberapa elemen, misalnya audio, video, animasi, teks, dan citra visual. 

Desain grafis tersebut mempunyai keahlian yang sangat luas, mulai dari video game, periklanan, hiburan, aplikasi, situs web, sampai animasi. 

5. Desain Grafis Pemasaran dan Periklanan

Seperti namanya, Desain grafis ini adalah desain grafis yang berkaitan erat dengan pembuatan promosi dan iklan yang menarik serta persuasif. Iklan dalam bentuk informasi visual ini misalnya banner, brosur, billboard, dan flyer digital ataupun cetak. 

Iklan yang dibuat tak hanya menarik dan persuasif, melainkan juga menggambarkan brand yang diwakili dengan akurat. Desainer umumnya akan memakai berbagai elemen dalam menciptakan iklan ini, misalnya warna, bentuk, gambar, logo, dan teks.

6. Desain Grafis Publikasi

Jenis desain grafis yang satu ini berfokus pada pembuatan komposisi desain media cetak, misalnya katalog, koran, newsletter dan majalah. Dalam pembuatan desain grafis ini, desainer bekerja sama dengan penerbit dan editor. 

Prinsip pembuatan desain grafis publikasi adalah memberikan pengalaman visual yang baik kepada para pembaca media cetak dengan cara mengatur tata letak dan tipografi. Di era yang serba digital ini, wujud desain grafis publikasi ada dalam bentuk cetak maupun digital.

7. Desain Grafis Identitas Visual

Setiap perusahaan atau organisasi pasti membutuhkan identitas untuk membedakan diri mereka dari perusahaan dan organisasi lain. Untuk menunjukkan identitas tersebut, mereka sangat membutuhkan desain grafis identitas visual. 

Bentuk identitas ini bisa berupa logo perusahaan, template, dan desain tema untuk event tertentu. Semua bentuk identitas tersebut mempunyai keunikan, ciri khas, dan menggambarkan keindividuan dan karakteristik perusahaan atau organisasi tersebut.

8. Desain Grafis Antar Muka

User interface desain atau desain grafis antar muka menitik beratkan pada pembuatan tata letak, gambar, dan element software, web, aplikasi, formulir, game dan lain sebagainya. 

Prinsip utama dari pembuatan desain grafis tersebut ialah menciptakan desain antar muka yang mudah dikenali dan interaktif. Dengan demikian, para pemakai baru dari piranti atau aplikasi tersebut dapat dengan mudah mengoperasikannya. 


Prinsip Desain Grafis

Ada 5 prinsip utama desain grafis yang harus dimiliki oleh para desainer. Prinsip tersebut, 
antara lain:
  • Penekanan: Desain harus memiliki sesuatu yang ditonjolkan.
  • Keseimbangan: Semua elemen pada desain, misalnya warna, ilustrasi, dan teks harus tertonton seimbang atau tak berat sebelah.
  • Ritme: Desain mempunyai pengulangan elemen yang berirama atau konsisten.
  • Proporsi: Elemen-elemen desain haruslah mempunyai perbandingan ukuran yang tepat.
  • Kesatuan: Semua elemen alangkah baiknya tertonton padu dan menyatu.


Elemen Desain Grafis

Pada umumnya, desain grafis juga memiliki elemen yang menjadi dasaran dalam mendesain. Elemen tersebut, antara lain:
  • Garis
  • Titik
  • Warna
  • Bentuk
  • Ruang
  • Tekstur
  • Bidang


Seperti itulah ulasan tentang desain grafis. Jika anda memiliki keinginan ahli dalam desain grafis maka hal pertama yang anda harus pelajari adalah prinsip dan elemen dalam desain grafis. Untuk menjadi seorang desainer grafis juga membutuhkan berbagai jenis keterampilan. Jadi, tidak heran bilamana para desainer grafis memperoleh gaji yang tinggi.

Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url