Cara Mudah Mengatasi Bulu Burung Cendet Rusak

cara mengatasi ekor cendet yang tidak tumbuh

Cara Mengatasi Bulu Cendet Rusak - Halo sobat kicau mania indonesia! Jumpa lagi dengan saya di blog bang parid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar burung cendet. Saya akan membahas cara mudah mengatasi bulu burung cendet rusak. Selain banyak orang yang menyukai kicauan burung cendet, banyak juga yang menyukai bulu burung cendet tersebut. Bulu ekor burung cendet yang sangat panjang bisa mencapai hampir 30 cm, maka tidak heran jika sangkar burung cendet di desain dengan bentuk yang besar dan lebar.

Namun terkadang karena tingkah polahnya burung cendet yang terlalu aktif, dapat membuat bulu ekornya rusak dan patah. Jika sudah seperti itu, pasti membuat pemilik sedih karena kualitas burung cendet buruk dan harga jualnya pun juga ikut menurun. Burung cendet yang memiliki ekor panjang, pasti memiliki harga yang mahal.

Maka dari itu, banyak pemilik yang memanfaatkan hal tersebut dengan cara menyambung bulu ekornya. Dengan tujuan supaya burung cendte miliknya memiliki harga tinggi. Biasanya mereka menyambung bulu ekor cendet dengan menggunakan lem. Jika dilihat sekilas memang tidak ada bedanya, antara bulu ekor asli dan palsu. Karena saat digerakkan, ekornya masih tetap sama seperti yang asli.

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Kroto Untuk Cendet

Sebaiknya masalah seperti itu harus teman-teman waspadai, supaya tidak tertipu. cara mengatasi ekor cendet yang tidak tumbuh. Lalu, apa penyebab bulu burung cendet rusak? Jika teman-teman penasaran, simak terus ya penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Bulu Cendet Rusak

Jika teman-teman membeli burung cendet di tempat yang terpercaya, dapat dipastikan akan mendapatkan burung cendet yang asli. Namun, teman-teman harus tetap berhati-hati dalam merawat burung cendet tersebut, agar bulu ekornya tidak rusak.

Biasanya teman-teman sudah merawatnya dengan baik, karena burung cendet terlalu aktif jadi rusak sendiri bulu ekornya. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan bulu burung cendet rusak berapa lama ekor cendet tumbuh setelah dicabut, berikut penyebab bulu cendet rusak.
  • Gangguan hewan predator lain yang membuat burung ketakutan jadi kelabakan dan merusak ekornya.
  • Bulu ekor burung cendet rusak akibat mabung yang tidak sempurna.
  • Biasanya bulu diserang kutu atau tungau yang menyebabkan ekor cendet ngelidi atau nyerit.
  • Karena ekor burung cendet terlalu panjang, membuat ekornya tersangkut sangkar hingga rusak.
  • Burung cendet kurang leluasa karena diletakkan di kandang kecil.
  • Burung cendet diletakkan pada kandang koloni lain bersama cendet lainnya, sehingga ekornya rusak karena terlalu sempit.

Cara Mengatasi Bulu Cendet Rusak

Bagi teman-teman yang sedang mengalami masalah diatas, jangan khawatir dibawah ini ada beberapa cara mempercepat cendet dorong ekor yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi bulu burung cendet rusak.

1. Mengobati burung cendet yang rusak bulu dengan daun sirih

Cara pertama yang bisa teman-teman coba yaitu dengan menggunakan daun sirih untuk mengatasi rusaknya bulu burung cendet. Dalam menggunakan daun sirih untuk pengobatan, teman-teman bisa dengan mudah mengolahnya. Jadi berapa jumlah bulu ekor burung cendet, siapkanlah beberapa lembar daun sirih, kemudian rebuslah sampai mendidih.

Jika sudah mendidih, pakailah air rebusan tadi untuk memandikan burung cendet. Dalam memandikan burung cendet, cukup disemprotkan dengan sprayer. Penyemprotan harus fokus pada bulu ekor burung cendet, terutama pada bagian pangkal bulunya.

Setelah burung cendet disemprot, teman-teman bisa mendiamkan burung cendet selama 30 menit agar bisa bereaksi membunuh tungau dan kutu. Jika sudah selesai, teman-teman bisa membilas tubuh burung cendet dengan air bersih. Terapi burung cendet ini bisa dilakukan selama 3 hari.

2. Mengobati bulu ekor burung cendet dengan kunyit dan sirih

Kemudian cara kedua adalah teman-teman bisa mengombinasikan dengan kunyit dan daun sirih. Karena nantinya bahan-bahan ini akan dilumurkan ke bulu burung cendet yang rusak dan berapa lama ekor burung tumbuh.

Jadi, nanti bahan-bahannya tidak direbus ya teman-teman melainkan ditumbuk untuk mengobati ekor cendet rusak agar panjang ekor maksimal cendet bisa optimal. Dibawah ini cara pembuatannya:

Bahan-Bahan :
  • Kunyit 
  • Daun sirih
Cara Pengolahan :
  1. Pertama, tumbuklah kunyit dan daun sirih hingga halus.
  2. Jika semuanya sudah halus, campurkan menjadi satu tanpa ditambahkan air.
  3. Setelah semua tercampur, teman-teman bisa melumuri bulu ekor burung cendet dengan bahan-bahan tersebut.
  4. Jika semua sudah terlumuri, pindahkan burung cendet ke sangkar yang bersih dan biarkan selama 3 hari namun tetap diberi makan dan minum.
  5. Teman-teman bisa melakukan pelumuran tersebut selama 3 hari berturut-turut.
  6. Jika sudah 3 hari, teman-teman bisa memandikan burung cendet dengan air bersih dan dikembalikan ke sangkar hariannya.
  7. Bulu ekor burung cendet yang sudahj rusak bisa teman-teman cabuti sendiri atau bisa ditunggu sampai proses mabung berikutnya. Saya sarankan lebih baik menunggu sampai mabung berikutnya agar pertumbuhan menjadi sempurna.
  8. Jika teman-teman merasa cara tersebut terlalu rumit, bisa menggunakan obat khusus untuk bulu burung yang rusak. Bahkan, saat ini sudah ada shampoo burung yang bisa merawat bulu burung menjadi tidak kusam.
Itulah beberapa cara untuk mengatasi bulu rusak pada burung cendet. Jika menurut teman-teman cara diatas sangat rumit, saya sarankan boleh menggunakan obat jamu sesuaikan dosisnya agar burung tidak memberikan dampak buruk setelah mengonsumsi obat-obatan.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url