Cara Merawat Burung Cendet Biar Gacor Siang Malam

 CARA MERAWAT CENDET BIAR GACOR SIANG MALAM

Cara Merawat Cendet Biar Gacor Siang Malam - Pembahasan artikel kali ini sangat menyenangkan karena saya akan membagikan informasi seputar perawatan untuk burung cendet agar semakin gacor sepanjang hari. Agar cendet gacor sepanjang hari tentunya membutuhkan perawatan yang tepat. Bagi pemula mungkin belum mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan burung cendet dengan benar.

Tapi, tidak ada salahnya juga jika pemain senior ikut menyimak juga pembahasan kali ini siapa tau dapat menambah ilmu anda. Perawatan cendet rumahan sangatlah mudah, anda hnya perlu melakukanya dengan rutin. Tapi, terkadang pemilik burung cendet pemula atau senior masih menemui kendalam dalam perawatan hariannya.

Terkadang ada saja masalah yang muncul, seperti burung cendet tidak mau berkicau dan hanya terdiam. Ada juga yang kadang gacor dan kadang tidak. Padahal anda merasa bahwa perawatan yang diberikan juga sudah benar dan sesuai prosedur. Lalu, apa yang menyebabkan burung cendet tidak gacor? Burung cendet macet bunyi atau bisu biasanya disebabkan oleh birahinya yang tidak terkontrol.

Over birahi yang terjadi pada burung cendet ini sering diakibatkan dari pemberian ekstra fooding yang berlebihan. Banyak sekali orang yang berfikir bahwa memberikan ekstra fooding yang banyak bisa membuat burung cepat gacor. Padahal kenyataannya tidak, jutrsu semua itu harus disesuaikan dengan kebutuhan burung. Jadi, tidak boleh terlalu berlebihan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Cendet Keracunan

Minuman agar cendet gacor juga sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya dan itu sangat tepat dijadikan alternatif untuk menggacorkan burung. Agar burung cendet gacor sepanjangnya hari, usahakan birahinya tetap stabil. Oleh karena itu, anda harus simak pembahasan kali ini karena akan di kupas tuntas tips perawatannya.

Cara Merawat Cendet Agar Gacor Sepanjang Hari

1. Metode pengembunan untuk cendet

Langkah pertama yang bisa anda lakukan dalam melakukan perawatan pada burung cendet yaitu melakukan pengembunan. Dalam menerapkan pola pengembunan pada burung cendet di pagi hari jangan pernah dianggap remeh. Karena pengembunan berfungsi untuk mengaktifkan saraf motoric burung, supaya motorik alamiahnya kembali hidup.

Sehingga nantinya burung cendet ini akan otomatis berkicau dan menjadi rajin bunyi jika saraf motriknya sudah berjalan. Bisa dibuktikan, pada umumnya burung cendet yang diembunkan akan lebih aktif dibandingkan burung cendet yang jarang melakukan pengembunan.

2. Metode penjemuran untuk cendet

Selain metode pengembunan, penjemuran juga tidak boleh disepelekan atau bahkan diabaikan. Hal ini tidak boleh dianggap enteng, karena sudah jelas bahwa burung cendet adalah hewan yang hidup di alam terbuka. Faktanya memang sudah jelas, jika burung cendet sering melakukan penjemuran dengan teratur dapat dipastikan otomatis burung cendet akan lebih aktif bunyi dibandingkan burung cendet yang jarang dijemur.

Untuk burung cendet, penjemuran itu bersifat wajib. Jadi harus dilakukan setiap hari, karena apabila burung cendet jarang melakukan penjemuran maka suhu tubuhnya akan turun dan burung akan mengembangkan bulunya alias gembung.

Penjemuran bisa dilakukan minimal 2 sampai 3 jam untuk burung cendet dewasa, tapi untuk burung cendet anakan hanya dilakukan sekitar 1 jam saja. Cara itupun harus dilakukan berkali-kali agar suhu burung cendet tetap stabil.

3. Tips pemberian pakan ekstra fooding untuk cendet

Jenis ekstra fooding sangatlah banyak, namun yang disarankan untuk diberikan hanyalah jangkrik saja kecuali saat burung cendet sedang over birahi. Jadi, takaran porsinya berbeda jika burung sedang mengalami over birahi. Ekstra fooding yang anda berikan bisa ditambahkan dengan ulat bambu dan pisang. Tetapi, jika tidak mengalami over birahi cukup diberikan jangkrik saja.

Mengapa hanya jangkrik? Karena jangkrik adalah serangga yang ideal dan sangat aman jika dikonsumsi sehari-hari dengan takaran porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Tapi, jika bosan dengan jangkrik sobat juga bisa memberikan belalang. Belalang juga sangat bagus untuk burung cendet karena memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari jangkrik tentunya lebih bagus juga.

Tapi sangat disayangkan, jika ingin memberikan belalang anda harus menangkapnya terlebih dahulu dan sangat sulit sekali mendapatkannya karena belalang tidak dijual di pasaran seperti jangkrik. Untuk menstabilkan burung cendet, anda bisa memberikan 14 ekor jangkrik setiap harinya yang dibagi menjadi 2 kali yaitu pemberian pagi dan juga sore.

Untuk sore harinya berikanlah 7 ekor jangkrik. Pemberian ekstra fooding tersebut harus diimbangi dengan penjemuran yang teratur, jika tidak burung cendet akan mengalami over birahi. Namun, jika panasnya terus-menerus anda bisa menstabilkan dengan memberikan ekstra fooding tetap yaitu 5-5 atau 7-7. Ketika memasuki musim hujan, anda bisa turunkan dan tetaplah melakukan pengrodongan burung agar tetap stabil.

4. Metode pengerodongan untuk cendet

Banyak isu tentang burung cendet gacor tanpa kerodong. Sebenarnya hal itu belum jelas ya kebenarannya, sekarang lebih baik fokus sama hal yang sudah jelas kepastiannya. Sistem pengrodongan memang harus dilakukan untuk menstabilkan kondisi burung cendet itu sendiri.

Kerodong ini sifatnya untuk mengumpukan tenaga burung cendet supaya tenaganya full agar semakin rajin bunyi. Jadi, pengrodongan itu penting ya, anda tidak boleh menyepelekannya.

5. Metode pemandian utuk cendet

Pemandian pada burung cendet memang perlu dilakukan, namun yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan pemandian terlalu sering. Karena jika dimandikan terlalu sering, anda juga akan merasa percuma. Mengapa percuma, karena setelah itu burung akan melakukan penjemuran dalam waktu yang lumayan lama.

Lebih baik perawatan pemandian ini harus terjadwal misalnya satu minggu cukup dua kali pemandian saja. Intinya jangan terlalu sering memandikan burung cendet, untuk burung cendet dewasa bisa anda mandikan pada malam hari yaitu pukul 7 hingga 9 malam. Memandikan burung cendet di malam hari tidak perlu sampai basah kuyup hanya memastikan semua bulunya basah atau terkena air.

Penutup

Demikianlah artikel tentang cara merawat burung cendet biar gacor siang malam. Perawatan cendet rumahan ini bisa anda lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu, tidak akan mustahil burung cendet anda akan semakin gacor siang dan malam. Baiklah, sampai disini dulu pembahasan kali ini. Semoga bisa menjadi referensi perawatan harian untuk burung cendet anda. Salam Kicau Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url