Cara Menambah Durasi Kerja Burung Kacer

CARA MENAMBAH DURASI KERJA KACER

Cara Menambah Durasi Kerja Kacer - Halo sobat kicau mania! Burung kacer atau yang biasa disebut burung kucica kampung memang mempunyai kelebihan dalam suara kicauannya. Burung kacer mempunyai suara kicauan yang unik dan sangat merdu. Selain itu burung kacer juga memiliki suara kicauan yang bervariasi karena mampu menirukan suara burung kicau lainnya.

Memang benar, bahwa burung kacer memiliki fisik dan suara kicau yang mengagumkan. Tapi sangat disayangkan sekali, sebab burung kacer akan mengalami banyak masalah ketika dilombakan. Masalah yang sering terjadi pada kacer saat akan dilombakan adalah bagong, suara kicau monoton, malas bekerja, mentalnya tidak stabil dan yang paling penting adalah durasi kerja yang sering gembos.

Namun selebihnya, burung kacer hanya ngos bolak-balik pangkringan atas bawah saja. Kasus seperti ini memang membuat pemilik merasa kesal dan cemas. Sebab tidak kurang lagi dalam pemberian perawatan dan pelatihannya. Namun mengapa tetap saja burung kacer tidak dapat menambah durasi kerja?

Pertanyaan itulah yang kerap di tanyakan berkali-kali oleh kicau mania bahkan yang sudah senior pun. Dalam hal ini mungkin saja burung kacer emosinya sedang rendah. Maksudnya saat dilombakan burung kacer lambat panas dan hanya semangat diawal saja. Kasus seperti ini memang sudah sering terjadi di kalangan kicau mania.

Baca Juga: Cara Bikin Konslet Kacer Tipe Panas

Entah faktor apa lagi yang menyebabkannya, padahal sebelumnya burung kacer dapat berkicau dengan durasi panjang dari menit awal hingga akhir. Apabila burung kacer anda sedang dalam masalah tersebut, jangan dibiarkan hingga berlarut-larut. Anda harus mencari tahu bagaimana cara menambah durasi kerja kacer?

Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa tips yang dapat menambah durasi kerja kacer. Jika anda semua membutuhkan tips tersebut, simak dengan baik dan jangan di skip agar bisa lebih paham serta dapat diterapkan dengan mudah.

Cara Menambah Durasi Kerja Kacer Dengan PPO

PPO adalah singkatan dari perawatan pakan bernutrisi dan olahraga dengan tujuan untuk memaksimalkan kondisi burung kacer agar selalu prima serta memiliki kinerja yang lebih stabil. Banyak kicau mania yang masih menerapkan perawatan dengan standar rumahan dan menjadi perawatan rahasia kacer.

Oleh sebab itu, yang terjadi burung kacer tidak akan mau bekerja sama sekali saat perlombaan dan selain itu biasanya hanya ngriwik ketika digantang. Perawatan standar rumahan yaitu dengan mengeluarkan burung kacer ketika matahari sedang bersinar terik, lanjut memberikan jangkrik dan dimandikan lalu dikerodong. Prosesnya akan berlanjut sepertu itu setiap harinya.

Rawatan tersebut memang tidak salah, tapi jika ingin memiliki burung kacer dengan durasi kerja panjang untuk lomba. Tentu saja perawatan yang diberikan berbeda dengan kacer rumahan. Untuk rawatan kacer lomba yang benar yaitu dengan mengeluarkan burung kacer ketika pagi atau sebelum matahari terbit.

Perawatan tersebut dinamakan pengembunan, dan apabila matahari sudah mulai hangat. Selanjutnya burung kacer harus dimandikan dan tunggu hingga kering. Lalu diberikan ekstra fooding jangkrik yang porsinya harus disesuaikan dengan tipe burung kacer tersebut. Perawatan dilanjut dengan penjemuran yang berdurasi sekitar 1 sampai 2 jam tergantung tipe kacer tersebut.

Jika sudah dijemur, voer yang kemarin harus diganti baru. Jadi, bukan untuk ditambahkan. Lanjut memberikan vitamin burung pada cepuk minumnya. Saat sore hari burung kacer harus dikerodong dan diberikan jangkik lagi. Buanglah sisa air minum yang telah dicampurkan vitamin dan ganti dengan air baru. Dikerodong lagi hingga besok pagi.

Metode mandi pada burung kacer memilik perbedaan, ada yang dimandikan 2 minggu sekali dan ada yang mandi 2 hari sekali. Semua itu dapat anda lihat jika kacer mulai didis dan berikan cepuk. Lebih baik dimandikan dalam keramba dan jangan menggunakan sprayer. Karena jika tidak sesuai dengan karakternya, burung kacer akan drop dan berkurang tingkat kegacorannya

Pakan Untuk Burung Kacer Lomba

Selain memberikan perawatan yang tepat, pemberian pakan yang berkualitas dapat memenuhi asupan nutrisinya. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan kestabilan fisik dan mental. Jika kacer mempunyai fisik yang selalu top performa, maka burung kacer akan lebih gacor setiap anda membuka kerodong. Burung kacer akan langsung berkicau dengan suara kicauan yang indah.

Memberikan makanan yang bernutrisi dan setingan kacer body kecil tidaklah sulit, hanya malas saja untuk melakukannya. Sebaiknya perbuatan seperti itu harus dihilangkan, karena merawat burung kacer dan menjamin kebutuhannya adalah kewajiban pemilik. Jika tidak diperhatikan dengan benar, maka akan terjadi efek negatif pada burung kacer.

Makanan yang tinggi nutrisi bisa anda dapatkan dari buah-buahan atau ekstra fooding kroto. Jika tidak ingin cara yang ribet atau susah, cukup sediakan voer yang mengandung protein tinggi, kandungan gizinya lengkap, dan vitamin diberikan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga Untuk Meningkatkan Durasi Kerja Kacer

Memang benar, ada beberapa karakter burung kacer yang tidak dapat diumbar. Karena hal ini bisa membuatnya semakin mantul-mantul ketika dilombakan. Namun, tidak semua burung kacer seperti itu. Pengumbaran harus tetap dilakukan secara teratur dan terjadwal. Pengumbaran tidak akan memberikan efek negatif untuk burung kacer main setengah jalan.

Tapi jika anda melakukan pengumbaran dengan cara tidak wajar atau tidak konsisten. Burung kacer akan menjadi ngos atau gacor dengan isian tidak jelas. Ketika diperlombaan lagu dan volumenya tidak akan stabil. Proses pengumbaran pada burung kacer main gelisah, bisa anda lakukan setelah melakukan pengembunan.

Jadi nantinya burung kacer akan dimandikan dan dijemur di kandang umbaran pada pukul 09.00 hingga 11.00. Pengumbaran baiknya dilakukan 1 minggu 4x. Setelah penjemuran, kacer dimasukkan dalam sangkar. Jadi selama ini burung kacer anda durasi kerjanya kurang maksimal bisa terjadi karena beberapa faktor yaitu perawatan yang tidak disesuaikan dengan kondisi burung atau cuaca.

Faktor kedua yaitu memberikan pakan biasa tanpa memperhatikan kandungan gizinya, tidak memberikan vitamin sama sekali. Sehingga fisik burung kacer tidak bisa sekuat saat dialam disertai dengan ciri kacer kurang tenaga di gantangan. Burung kacer tidak memiliki nafas yang kuat, karena tidak pernah melakukan olahraga fisik.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga tips diatas dapat anda terapkan dirumah. Karena sudah banyak yang membuktikan dan efeknya sangat bagus untuk burung kacer. Dengan melakukan cara merawat kacer sudah deker, dijamin burung kacer anda akan memiliki durasi kerja yang panjang dan maksimal seperti yang diharapkan.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url