Cara Merawat Burung Kacer Tanpa Jangkrik, Tetap Gacor!

CARA MERAWAT KACER TANPA JANGKRIK

Cara Merawat Kacer Tanpa Jangkrik - Hai sahabat kicau! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rawatan burung kacer yaitu cara merawat kacer tanpa jangkrik. Merawat burung kacer memang tidak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti waktu, tenaga, pikiran, dan finansial.

Mungkin sebagian orang melihat pemilik kacer sangat santai dalam merawatnya. Tapi sebenarnya otak mereka juga sedang berfikir keras untuk membuat burung kacer peliharaannya bisa gacor dan berkualitas. Mudah memang melihat proses orang lain, tapi jika anda melakukannya sendiri dan mengalaminya tentu sangat berat.

Apalagi bagi kicau mania yang bekerja. Banyak kicau mania yang merasa kualahan dalam merawat burung kacernya dirumah. Hal itu disebabkan karena tidak ada waktu dirumah, mereka yang memiliki jadwal padat sangat sulit memberikan waktunya untuk kacer. Itulah yang membuat mereka merasa bersalah karena tidak bertanggung jawab dengan burung pleiharaannya.

Bagi pekerja merawat burung kacer hanya bisa dilakukan pagi dan sore hari saja. Mereka tidak akan bisa melakukan rangkaian perawatan seperti pada umumnya. Apalagi liburnya tidak menentu, jadi sangat jarang melakukan perawatan rutin untuk burung kacernya. Karena banyaknya masalah seperti ini, terkadang juga sangat disayangkan.

Baca Juga: Cara Merawat Kacer Rumahan Agar Rajin Bunyi

Sebab burung kacer menjadi tidak terurus dan akhirnya mati begitu saja. Lalu, bagaimana cara merawat burung kacer bagi pekerja? Sangat mudah sekali caranya. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa cara yang mungkin dapat membantu anda untuk merawat burung kacer meskipun sedang bekerja. Bagi anda yang sedang memerlukan informasi atau tips ini, jangan lupa simak dengan baik ya.

Cara Merawat Burung Kacer Bagi Pekerja

Karena mendengar pertanyaan tersebut, saya tertarik untuk membahasnya. Dengan pembahasan kali ini, semoga bisa menjadi referensi bagi kicau mania yang sekarang sedang sibuk bekerja dan tidak ada banyak waktu dirumah. Tentu saja masalah waktu memang menjadi kendala dalam merawat burung kicau seperti kacer. Apalagi pada saat penjemuran, penjemuran menjadi tidak maksimal.

Oleh sebab itu kali ini saya akan membagikan tips perawatannya, jadi bagi kicau mania yang bekerja dapat memberikan perawatan dengan baik dan berjalan lancar. Di pembahasan kali ini saya akan membagikan dua metode cara merawat kacer baru pindah tempat untuk tipe kacer yang berbeda, yakni cara merawat kacer ombyokan agar cepat bunyi.

Karena burung kacer memiliki tipe yang bermacam-macam, otomatis perawatan yang diberikan tidak bisa disamakan. Tipe burung kacer ada dua yaitu kacer fighter tinggi dan kacer fighter rendah jika berdasarkan cara merawat kacer biar ngeplong.

Pola perawatan kacer fighter tinggi

Pola perawatan pertama yaitu untuk burung kacer fighter tinggi. Burung kacer yang berfighter tinggi mempunyai emosi yang mudah naik. Maksudnya saat melihat atau mendengar burung kacer sejenis, sifat petarungnya akan menyala dan mengeluarkan isiannya. Burung kacer seperti ini biasanya saat diluar terlihat jinak, namun di dalam rumah sangat galak.

Apabila melihat orang baru yang menurutnya asing, langsung bongkar isian. Dan saat tangan masuk ke dalam sangkar akan langsung dipatuki. Solusi perawatan untuk burung kacer tipe tersebut yaitu dengan melakukan metode mandi saat sakit, tanpa memberikan jangkrik, full kerodong longgar seharian, menempatkan kandang di lokasi yang sejuk.

Jika selama beberapa hari kedepan cuaca sangat panas, anda bisa memberikan tambahan ekstra fooding kroto dengan pemberian seminggu dua kali. Dan takarannya satu sendok makan. Tapi jika sore harinya sedang hujan, burung kacer tidak perlu lagi dimandikan. Cukup diberikan setingan jangkrik untuk kacer rumahan dan dikerodong kembali.

Jadi itulah perawatan untuk burung kacer fighter tinggi, saya akan lanjut membahas setingan kacer fighter tinggi untuk lomba. Untuk cara merawat kacer body kecil yaitu burung kacer dapat dimandikan secara langsung saat dilokasi lomba. Setelah dimandikan, berikan jangkrik 2 ekor serta ulat hongkong 5 ekor.

Jika lokasi perlombaan dekat dengan rumah, mandikan dirumah saja dan pemberian ekstra foodingnya saat di perlombaan atau lokasi. Yaitu jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 3 ekor, setelah itu burung kacer siap digantangkan. Hal perlu anda ketahui, setingan lomba ini bukanlah cara perawatan yang baku. Jadi dengan cara merawat kacer bahan agar tidak mati, anda bisa melakukan sesuai dengan kondisi dan cuaca saat itu.

Misalnya jika burung kacer sedang emosi tinggi dan panasnya sangat terik, kacer bisa dimandikan. Pemandiannya langsung di lakukan saat dilokasi dan berikan jangkrik 2 ekor serta kroto 1 sendok makan. Jika sudah, kacer siap digantangkan. Namun, jika cuaca sedang mendung untuk ekstra fooding kroto dapat diganti ulat hongkong. Sehingga setingan lomba burung kacer akan tetap fleksibel.

Pola perawatan burung kacer fighter rendah

Selanjutnya adalah pola perawatan untuk burung kacer fighter rendah. Burung kacer fighter rendah dikarenakan birahinya kurang atau emosinya lambat. Dalam hal ini bisa dikatakan seperti lambat panas. Jadi, saat bertemu burung kacer yang lain biasanya tidak langsung respon atau narung. Membutuhkan waktu yang lama agar burung kacer mau bekerja, namun memiliki suara ngeplong.

Solusi perawatan perawatan kacer bagi pemula memang harus dilakukan. Sebab perawatannya membutuhkan penjemuran dengan durasi yang lama agar suhu tubuhnya dapat naik dengan cepat. Sedangkan anda tidak bisa melakukannya, karena kesibukan dalam bekerja. Tapi, anda tidak perlu khawatir saya mempunyai solusi.

Cara ini sudah saya buktikan pada burung kacer dirumah, dan berhasil bekerja di lapangan. Untuk perawatan hariannya, burung kacer sudah tidak perlu dimandikan. Jika anda tidak dapat menjemur burung kacer, biarkan saja kacer mandi dari cepuk minumnya. Hal ini memang tidak dipermasalahkan. Jadi, setinggannya ini tanpa mandi dan tanpa jemur.

Sedangkan untuk ekstra foodingnya seperti jangkrik di kosongkan saja. Bukan hanya jangkrik, tapi semua ekstra fooding di kosongkan. Cukup berikan voer yang mengandung protein rendah. Voer yang baik dan berprotein rendah biasanya mengandung sekitar 16%. Setelah itu burung kacer di full kerodong saja dan tempatkan di ruangan yang nyaman.

Usahakan jangan ditempatkan pada lokasi yang dingin. Carilah tempat yang bersuhu hangat, dan kacer juga jangan diembunkan. Cukup di kerodong full tanpa aktifitas apapun. Kemudian, setingan lomba untuk kacer fighter rendah. Apabila kondisi saat itu cuaca sedang panas terik, burung kacer boleh dimandikan dirumah.

Setelah sampai di lokasi perlombaan, burung kacer bisa di berikan 1 atau 2 ekor jangkrik. Jika sudah burung kacer boleh dikerodong, namun apabila menjelang gantang burung kacer kurang konslet berikan tambahan ulat hongkong sekitar 3 atau 5 ekor.

Namun saat menjelang lomba cuaca sedang mendung. Burung kacer bisa diberikan 1 ekor jangkrik,  10 ekor ulat hongkong tanpa dimandikan. Selanjutnya di siap di kerodong dan digantangkan. Nah, jadi itulah rawatan harian dan setingan lomba kacer fighter rendah.

Akhir Kata

Baiklah, jadi itu saja perawatan burung kacer tanpa jangkrik. Pembahasan diatas sudah dibuktikan dan memberikan efek yang baik. Karena memang pada dasarnya setiap burung kacer mempunyai tipe yang berbeda. Lakukanlah rawatan diatas dan gunakan waktu luang sebaik mungkin untuk merawat kacer anda. Sekian pembahasan kali ini, semoga bisa dipahami dan diterapkan dengan tepat.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url