Perbedaan Burung Pleci Jantan dan Betina Dewasa 100% Akurat

PERBEDAAN PLECI JANTAN DAN BETINA DEWASA

Perbedaan Pleci Jantan dan Betina Dewasa - Semua jenis burung pleci memang sekilas hampir mirip. Tetapi, buka berarti tidak ada perbedaan antara keduanya. Apalagi burung pleci jantan dan betina, pasti ada perbedaan yang sangat signifikan dan terlihat dengan jelas. Burung pleci saat ini memang sedang naik daun, karena kepopulerannya itulah banyak sekali kicau mania yang masih pemula ingin memeliharanya.

Bagi anda yang ingin memelihara burung pleci atau yang sudah memeliharanya pastinya harus mengetahui perbedaan jenis kelamin burung pleci jantan dan betina. Pengetahuan tentang perbedaan burung pleci jantan dan betina memang diwajibkan. Meskipun burung pleci tersebut hanya dijadikan peliharaan atau bahan lomba.

Hal ini sangat penting diketahui oleh kicau mania yang masih pemula. Apalagi khususnya bagi kalian yang sedang mencari burung pleci untuk lomba. Burung pleci memiliki ciri khas berbentuk lingkaran putih di bagian matanya. Secara sekilas lingkaran tersebut terlihat seperti kacamata. Burung yang kecil mungil ini dijual dengan harga yang terjangkau yaitu pada pleci ombyokan.

Harganya yang sangat murah dan kualitasnya yang bagus, membuat banyak orang lebih memilih membeli pleci ombyokan dibandingkan dewasa. Karena memiliki suara kicauan yang merdu dan juga fisik yang cantik, membuat banyak orang menyukai burung pleci tersebut.

Sebenarnya burung pleci adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat mudah dibedakan jenis kelaminnya. Terutama jika anda adalah orang yang jeli dalam memperhatikan karakteristik fisik serta perilakunya. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa perbedaan pleci jantan dan betina.

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan dan Betina

1. Bentuk tubuh pleci

Untuk membedakan jenis kelamin burung pleci, yang paling mudah di kenali adalah dari bentuk tubuhnya. Tapi, sayangnya burung pleci jantan dan pleci betina hampir memiliki bentuk tubuh yang sama dan hampir mirip. Untuk membedakan jenis kelamin burung pleci, yang paling mudah di kenali adalah dari bentuk tubuhnya.

Tapi sayangnya burung pleci jantan dan pleci betina hampir memiliki bentuk tubuh yang sama dan hampir mirip. Maka dari itu, anda harus benar-benar memperhatikannya. Untuk burung pleci jantan pada umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan juga panjang.

Selain itu burung pleci jantan juga memiliki bentuk tubuh yang lebih padat dengan bentuk kepala yang terlihat sedikit bulat dan juga besar beserta bentuk paruh yang kasar. Sedangkan untuk burung pleci betina mempunyai ukuran tubuh yang agak bulat atau terlihat besar serta berisi.

Pleci betina cenderung bertubuh pendek dibandingkan pleci jantan. Kepala pleci betina juga terlihat lebih kecil dan sedikit ramping. Pada bagian paruh terlihat mulus dan tidak kasar.

2. Karakteristik fisik pleci

Selain dari bentuk dan ukuran tubuh, terdapat beberapa karakteristik fisik lainnya yang dapat di kenali. Contohnya dari ekor burung pleci, yang mana pleci jantan memiliki ekor yang lebih panjang dibandingkan betina. Ekor burung pleci jantan berbentuk huruf V atau bercabang dua.

Sedangkan burung pleci betina mempunyai ekor yang lebih pendek, dan akan terlihat jika pleci jantan dan betina disandingkan. Selain itu burung pleci betina ekornya terlihat lebih rata tidak seperti pleci jantan. Pleci betina memiliki pola lingkaran atau klep dengan pola yang tebal, tetapi tidak terputus-putus.

Bentuk paruh pleci jantan dan betina juga sangat jauh berbeda, pleci jantan memiliki paruh yang cenderung pendek dan juga terlihat tebal. Sementara pleci betina terlihat lebih panjang dan tidak begitu tebal. Selanjutnya pada bagian dubur atau pen.

Pleci jantan memiliki dubur yang panjang dan bulunya sangat lebat. Pleci betina memiliki dubur yang lebih kecil dan tidak terdapat banyak bulu karena untuk memudahkan penetrasi ketika masa kawin.

3. Warna bulu pleci

Selain memiliki kemampuan kicau yang merdu, ternyata burung pleci juga mempunyai warna bulu yang cantik dan indah. Diantara burung pleci jantan dan betina terdapat perbedaan di bagian warna bulunya.

Pada burung pleci jantan, warnanya terlihat lebih mencolok dan juga terlihat lebih terang dan menawan. Sedangkan burung pleci betina mempunyai warna bulu yang kusam. Sehingga terlihat tidak menawan dan kurang menarik dilihat.

4. Perilaku burung pleci

Anda dapat membedakan jenis kelamin burung pleci dengan melihat perilakunya. Burung pleci jantan biasanya bergerak lebih lincah dan aktif serta cukup agresif. Pada umumnya burung pleci jantan senang berkelahi dengan burung pleci lainnya apabila diletakkan dalam satu kandang.

Sedangkan burung pleci betina akan cenderung lebih pendiam, pergerakannya cukup tenang dan tidak agresif seperti pleci jantan. Jika burung pleci betina diletakkan dalam satu kandang bersama burung pleci lain. Mereka tidak akan menunjukkan tanda-tanda berkelahi atau beradu.

Selain cara diatas, anda bisa juga melihat perbedaan pleci jantan dan betina dengan menyemprotkan air pada mereka. Semprotkan air secara perlahan pada bagian kepala pleci yang masih berada dalam kandang.

Apabila saat di semprot air pleci memperlihatkan jambulnya dan bagian pupil matanya terlihat mengecil, maka burung pleci tersebut adalah jantan. Sedangkan pleci betina tidak akan menunjukkan tanda-tanda seperti hal tersebut.

5. Suara kicauan pleci

Sebenarnya suara kicauan memang bisa menjadi pembeda antara jenis kelamin pleci jantan dan betina. Namun, suara kicauan merupakan pembeda yang cukup krusial. Terutama bagi kalian yang menjadi penggemar burung pleci pasti sudah terbiasa mendengarkan suara kicauannya. Anda akan dengan mudah membedakan suara kicauan yang merdu dan baik.

Karena semua orang yang melombakan burung pleci selalu mengincar pleci jantan. Hal itu disebabkan burung pleci jantan memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan nyaring serta mengkristal dibandingkan dengan pleci betina yang lebih lirih dan suara kicauannya tidak begitu jernih.

Mungkin perbedaannya terlihat cukup jelas, tetapi dalam pemilihan secara langsung baiknya dilakukan dengan penuh kejelian dan ketelitian ekstra. Semakin anda terbiasa merawat burung pleci setiap hari, maka membedakan suaranya saja cukup mudah.

Tapi bagi anda yang masih pemula dan ragu ketika memilih sendiri. Cobalah untuk mengajak teman pleci mania yang sudah senior atau berpengalaman. Jangan lupa juga untuk terus mempelajari perbedaan burung pleci.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan burung pleci jantan dan betina dewasa. Mungkin perbedaan tersebut sangat jelas dan signifikan, tetapi bukan berarti dapat disepelekan. Dalam pemilihan secara nyata, anda harus tetap teliti agar tidak salah pilih. Merawat burung pleci lomba membutuhkan pleci jantan yang berkualitas dan unggu, sehingga anda harus bisa membedakan jenis kelamin burung pleci dengan benar.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url