Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kacer Yang Masih Anakan

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kacer Yang Masih Anakan - Burung kacer merupakan burung yang sedang populer dikalangan pecinta burung, sehingga banyak menarik para pecinta burung untuk memelihara burung kacer dirumah. Banyak pecinta burung yang memelihara burung kacer untuk dijadikan burung aduan atau bisa juga hanya untuk hewan peliharaan dirumah. Namun jika kalian memang berniat ingin memelihara burung kacer, saya sarankan untuk memelihara burung kacer anakan terlebih dahulu.

Kenapa saya menyarankan demikian? Karena ketika kalian merawat burung kacer dari anakan hingga menjadi kacer dewasa, berarti kalian sudah berhasil untuk memelihara dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi perawat. Merawat burung kacer anakan bisa dimasteri dengan isian dari berbagai jenis suara burung, burung kacer yang dirawat sejak kecil juga akan mudah jinak. Anakan burung kacer bisa kalian dapatkan di tempat penangkar burung ataupun pasar burung.

Namun jika kalian adalah seorang pemula ketika membeli burung kacer di penangkar atau pasar burung, pastinya akan sangat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin kacer anakan. Karena pada umumnya burung kacer yang berusia sekitar 1 hingga 3 bulan hampir memiliki ciri dan bentuk tubuh yang sama, hanya saja memiliki perbedaan yang sangat tipis.

Memang benar ketika membeli burung kacer di pasar, kalian bisa bertanya dengan penjualnya. Namun biasanya ya ini biasanya, mereka akan menjawab bahwa semuanya berjenis kelamin jantan. hehe.. Berbeda halnya dengan orang yang sudah lama menggeluti dunia burung seperti kacer, pastinya sudah memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman.

Sehingga bagi mereka akan sangat mudah untuk membedakan jenis kelamin burung kacer anakan tersebut, apakah berjenis kelamin jantan ataupun betina. Jika kalian hendak membeli burung kacer di penangkaran, masih terbilang mudah dalam membedakannya apabila burung tersebut masih dalam 1 sarang.

Anakan burung kacer yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan nafsu makannya besar bisa dipastikan bahwa itu adalah kacer jantan. Namun apabila di tempat tinggal kalian tidak ada penangkaran burung dan terpaksa harus ke pasar burung, bagaimana cara membedakannya? Berikut saya telah mengumpulkan informasi cara untuk membedakan jenis kelamin burung kacer anakan.


Perbedaan Burung Kacer Anakan Jantan dan Betina

1. Ciri-ciri Anakan Kacer Jantan

  • Memiliki nafsu makan yang banyak.
  • Memiliki bulu trotol, namun jika burung kacer belum genap 1 bulan bisa anda lihat di bagian pangkal bulu leher apakah ada bintik bintik trotol apa tidak, jika memang ada dan terlihat berarti jantan.
  • Memiliki bulu sayap berwarna hitam dan ada bintik hitam mengkilap tajam.
  • Burung kacer anakan jantan memiliki mata dengan penglihatan yang tajam dan berbentuk bulat dengan ukuran yang lebar.
  • Memiliki paruh yang berwarna hitam dan paruhnya berbentuk V lancip tebal.
  • Bentuk kepala burung kacer jantan terlihat kotak dan jika dilihat dari samping berbentuk pipih.
  • Anakan kacer jantan memiliki ukuran kepala lebih besar dibandingkan dengan anakan kacer betina.

2. Ciri-ciri Anakan Kacer Betina

  • Tidak begitu banyak makan dan jika makan tidak lahap seperti jantan.
  • Apabila tidak memiliki bulu trotol di pangkal leher berarti berjenis kelamin betina.
  • Memiliki bulu trotol dibawah paruh dan di leher dengan warna putih kusam dan abu-abu sedikit samar samar tetapi menyatu.
  • Memiliki sayap dengan bulu yang berwarna hitam lebih ke abu-abuan.
  • Memiliki mata dan penglihatan yang tidak tajam dan biasa saja, berbentuk bulat tapi lebih kecil jika dibandingkan dengan burung kacer jantan.
  • Memiliki paruh yang berwarna putih keabu-abuan dan berbentuk V tapi lebih tipis dibandingkan kacer jantan.
  • Memiliki bentuk kepala lonjong dan terlihat bulat.
  • Ukuran kepala anakan kacer betina lebih kecil daripada anakan kacer jantan.

Akhir Kata

Seperti itulah cara akurat dalam membedakan burung kacer jantan dan betina, jika kalian memperhatikan dengan jelas pasti bisa kalian bandingkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk diterapkan ya sobat. Terima kasih banyak sudah membaca sampai selesai, dan jangan lupa tinggalkan komentar tentang artikel ini. Salam Kicau Mania!




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url