Cara Mudah Meloloh dan Merawat Anakan Burung Cendet Dengan Benar

Cara Mudah Meloloh & Merawat Anakan Burung Cendet Dengan Benar - Halo sobat kicau mania Indonesia! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara meloloh dan merawat burung cendet anakan dengan mudah. Burung cendet atau biasa disebut burung pentet merupakan jenis burung yang memiliki ukuran cukup besar di kalangan burung kicau. Ukuran tubuhnya sama besar seperti burung kacer, burung cendet ini juga sangat populer di Indonesia. Karena memiliki keistimewaan suara yang merdu dan unik. Burung cendet pun mampu menirukan suara kicau burung kicau jenis lainnya.

Biasanya seorang pemula pecinta cendet, lebih suka merawat anakan cendet blangkon. Jika anda seorang pemula, pasti tidaklah mudah untuk memelihara burung cendet yang masih anakan. Karena sudah banyak terjadi, saat memelihara burung cendet anakan banyak sekali yang mati. Maka, jika anda berminat untuk memelihara cendet anakan harus belajar cara merawatnya agar burung cendet sehat dan gacor.


Pentingnya Memperhatikan Cendet Anakan Dengan Baik

Saat merawat anakan burung, harus diperhatikan dengan baik. Karena anakan burung selalu membutuhkan kehangatan, mereka seringkali merasa kedinginan akibat bulunya belum tumbuh dengan sempurna. Maka dari itu, di saat cuaca dingin anda harus menyiapkan tempat yang nyaman dan aman untuk anakan cendet.

Jangan lupa juga untuk memasang lampu bohlam, tujuannya untuk menghangatkan anakan cendet tersebut. Ketika merawat anakan burung cendet atau burung kicau jenis apapun pasti ada resikonya. Namun jika memang sudah berniat memeliharanya, anda harus merawatnya dengan penuh kesabaran dan kasih sayang.

Perlu diketahui bahwa anakan burung cendet tersebut dikenal selalu mudah lapar, sehingga pemberian pakan harus benar-benar diperhatikan. Apalagi jika anakan burung tersebut masih lolohan, tentu anda harus merawatnya sampai mereka bisa makan sendiri. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberikan cara mudah dalam merawat dan meloloh anakan burung cendet sampai mandiri.


Langkah-langkah Meloloh Anakan Burung Cendet

Bagi anda yang masih pemula, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini supaya bisa belajar bersama-sama. Berikut adalah serangkaian langkah-langkah untuk meloloh anakan burung cendet.
  • Jika anda sedang memelihara anakan cendet yang berumur satu bulan, coba berikanlah bubur. Bubur tersebut dibuat dari voer yang dibasahi dengan secukupnya air, setelah itu anda bisa menambahkan kroto supaya anakan burung mendapatkan asupan vitamin yang cukup.
  • Saat membuat makanan untuk anakan cendet, buatlah dengan takaran atau porsi yang pas supaya makanannya tidak dibuang-buang. Karena adonan makanan yang sudah jadi akan basi jika didiamkan terlalu lama.
  • Voer yang dicampur dengan air akan cepat menjadi bubur, anda harus mengaduknya sampai lumer bertekstur kental. Jika adonan sudah jadi dan siap diberikan pada anakan burung, ambil lah dengan lidi atau bisa menggunakan pipet selanjutnya lolohkan pada anakan cendet. Untuk durasi pemberian pakan yaitu bisa anda berikan setiap 2 jam sekali.
  • Berikanlah makanan pada anak burung cendet sampai mereka merasa puas dan kenyang. Tandanya jika anakan burung sudah kenyang, mereka tidak akan mengeluarkan suara kiyek-kiyek atau miyik. Biasanya cendet anakan akan kenyang sekitar 4 sampai 5 kali suapan.
  • Jangan pernah memberikan jangkrik hidup pada anakan cendet, karena mereka belum bisa makan makanan yang kasar. Kecuali jika anda memberikannya tepung jangkrik dicampurkan dengan bubur, itu baru dibolehkan.
  • Supaya anakan burung cepat makan sendiri, caranya saat anakan burung sudah bisa terbang dan tampak berbulu berikanlah ulat kandang yang dicampurkan dengan voer yang halus.
  • Burung cendet yang dirawat dari anakan, pastinya akan lebih cepat makan sendiri dan makan voer. Selain itu, jika anakan burung sudah dewasa mereka akan lebih jinak.
  • Anda harus membiasakan untuk meletakkan adonan bubur ke dalam sangkar. Kemudian, jika sudah masuk jam makan burung akan mengetahui bahwa itu adalah wadah pakannya.
  • Jangan membiarkan adonan bubur sampai sore, adonan yang dibuat pagi cukup diberikan pada pagi dan siang saja. Dan untuk makan siang dan sore harus membuat adonan baru, supaya anakan burung tidak memakan voer basi.

Cara Merawat Anakan Burung Cendet Dengan Mudah

1. Memberikan pakan berprotein tinggi

Makanan asli burung cendet adalah serangga yang mengandung sumber protein tinggi, seperti jangkrik dan belalang. Maka, anda harus memastikan anakan cendet harus diberikan voer yang berprotein tinggi. Karena makanan yang mengandung protein tinggi, dapat membantu menunjang pertumbuhan fisik dan khususnya pita suara burunh cendet tersebut.

2. Memberikan Vitamin

Tidak cukup dengan makanan yang berprotein tinggi saja, anda juga bisa memberikan anakan burung cendet vitamin. Berikanlah vitamin untuk anakan cendet setidaknya 3 kali dalam seminggu. Supaya anakan burung cendet tetap sehat dan mudah saat di masteri.

3. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga sangat berpengaruh untuk kesehatan anakan burung cendet. Karena jika lingkungannya kotor, pasti kesehatan burung juga terganggu dan bisa mempengaruhi kualitas suaranya. Jadi, supaya anakan burung tidak mudah terserang penyakit, anda harus selalu rajin membersihkan kandang atau sangkarnya. Terumata pada tempat makan dan tempat minumnya.

4. Jangan terlalu sering dimandikan

Jangan terlalu sering memandikan anakan burung cendet, karena jika sering dimandikan bulu muda yang sudah tumbuh akan terlalu kuat sehingga nantinya dapat menghambat proses pergantian tumbuhnya bulu dewasa. Tidak hanya itu saja, terlalu sering memandikan anakan burung cendet juga dapat mengurangi kualitas suaranya. Sehingga membuat suara burung cendet kurang lantang.

5. Jangan menjemur terlalu lama

Jangan pernah menjemur anakan burung cendet terlalu lama, karena perawatan anakan cendet dengan cendet dewasa cukup berbeda. Kalau cendet dewasa memang dalam proses penjemurannya harus lama. Tapi, kalau anakan cendet dijemur cukup lama dapat merusak kualitas bulu mudanya. Jika memang harus dijemur, jemurlah anakan burung cendet saat pagi sebelum matahari benar-benar terik.

Penutup

Demikian itulah cara merawat dan meloloh anakan burung cendet dengan mudah. Jika anda adalah seorang pemula dalam memelihara cendet, pelajari dan pahami dulu cara diatas supaya tidak salah dalam merawat cendet anakan. Sekian dulu artikel kali ini dan terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam Cendet Mania!




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url