Cara Mudah Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Burung Kacer

Cara Mudah Mengatasi Penyakit Tetelo Pada Burung Kacer - Setiap makhluk hidup tentunya akan mengalami berbagai macam permasalahan atau penyakit, karena selama masih hidup tentu akan mengalami sakit. Seperti penyakit yang menyerang jenis unggas seperti burung, dan kali ini saya akan membahas mengenai penyakit tetelo pada burung kacer. Bagi kalian yang memiliki burung kacer dan sedang terkena penyakit tetelo, simak terus ulasan pada artikel ini.

Penyakit tetelo ada disebut dengan penyakit Newcastle Disease (ND), merupakan penyakit pada burung yang disebabkan oleh virus NDV yang menyerang burung tersebut. Perlu kalian ketahui bahwa penyakit telonen yang menyerang burung, maka kemungkinan besar akan menyebabkan burung tersebut mati.

Penyakit tetelo ini akan menyerang pada bagian saraf burung kacer dan bisa menyebabkan burung kacer lumpuh secara tiba-tiba. Selain itu penyakit telonen pada kacer juga bermacam-macam gejalanya, mulai dari menyerang bagian sayap, kaki, bahkan seluruh tubuh burung kacer. Lalu, apa saja sih gejala dan penyebab dari burung yang mengalami tetelo? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan dibawah ini.


Gejala Penyakit Tetelo Pada Kacer

Awalnya burung kacer yang terkena penyakit tetelo memiliki ciri-ciri atau gejala yang semula gacor dan aktif menjadi pendiam, tidak aktif bergerak, dan tidak nafsu makan. Selain itu burung juga akan sering nebok atau di lantai sangkar dan diam, bahkan biasanya sampai tidak mau naik ke pangkringan. Namun gejala yang sering terjadi yaitu burung kacer nebok di sangkar sambil kejang-kejang dan ayanan.

Penyakit ayanan pada kacer ditandai dengan beberapa gejala-gejala sebagai berikut, antara lain:
  • Kondisi tubuh dan aktivitas burung kacer tidak normal.
  • Burung akan memutar-mutarkan kepalanya bahkan tubuhnya secara tidak normal.
  • Paruh burung kacer sering mangap dan sayap terkulai ke bawah.
  • Pandangan mata tampak sayu.
  • Pada bagian leher kacer membengkak dan kotorannya terlihat encer.
  • Tubuh burung kacer gemetar atau kejang-kejang.

Penyebab Penyakit Tetelo Pada Kacer

Perlu kalian ketahui, bahwa burung kacer yang mengalami telonen disebabkan oleh serangan virus yang menyerang tubuh burung kacer. Virus-virus ini muncul karena beberapa faktor, salah satu faktor penyebabnya yaitu kandang burung yang kotor dan jarang sekali dibersihkan.


Oleh karena itu rajinlah membersihkan sangkar burung kacer agar burung terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus, karena akan lebih baik mencegah daripada harus mengobati.

Tips Menangani Burung Kacer Tetelo

1. Jangan terlalu panik

Sebelum kalian mengobati burung kacer ayanan, kalian tidak perlu terlalu panik. Dikarenakan hal itu nantinya akan menjadi penyebab kalian merasa kebingungan saat melakukan penanganan pada si burung. Kalian harus tetap tenang sambil menyiapkan bahan-bahan atau cara untuk mengatasi burung kacer yang ayanan.

2. Memberikan larutan air gula yang hangat

Jika burung kacer kalian mengalami tetelo, maka kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi hal tersebut. Cara yang satu ini cukup mudah, kalian hanya perlu melarutkan gula pasir dengan air hangat kedalam gelas dan meminumkan sedikit-sedikit pada burung kacer.

3. Menggunakan daun saga

Kalian juga bisa menggunakan daun saga untuk mengatasi burung kacer yang sedang tetelo. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu meremas daun sagat tersebut lalu langsung memberikan air perasan daun saga tersebut ke burung kacer.

4. Menggunakan daun pepaya

Untuk mengatasi penyakit tetelo pada burung kacer dengan menggunakan daun pepaya, kalian bisa menyiapkan daun pepaya yang sudah tua tetapi masih hijau. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mengiris daun pepaya menjadi beberapa bagian dan tuangkan air matang sebanyak 100 ml ke dalam mangkok.

Setelah itu peras darun pepaya hingga warna air tersebut menjadi hijau pekat, lalu saring airnya saja dan minumkan pada burung kacer yang mengalami penyakit tetelo. Kalian bisa meminumkan air daun pepaya tadi sebanyak 3x sehari dengan takaran 2 sendok makan.

5. Menggunakan obat kimia

Jika kalian tidak ingin ribet dengan cara yang alami, kalian bisa menggunakan obat kimia untuk mengatasi kacer ayanan. Kalian bisa memberikan obat anti syaraf atau metabolisme untuk burung kacer sesuai petunjuk penggunaan. Kalian bisa membeli obat kimia tersebut di kios burung terdekat.

Penutup

Itulah ulasan mengenai penyakit tetelo pada kacer, mulai dari gejala, penyebab, dan cara untuk mengatasinya. Kalian harus melakukan cara diatas dengan benar dan tlaten agar burung kacer segera sembuh, karena pada dasarnya penyakit tetelo pada burung tidak akan memakan waktu lama agar sembuh asal ditangani secara tepat.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url