Penyebab Burung Cendet Serak dan Cara Mengatasinya

PENYEBAB & CARA MENGATASI CENDET SERAK

Cara Mengatasi Burung Cendet Serak - Halo pecinta kicau mania, jumpa lagi dengan saya di blog bang parid. Seperti biasa kali ini saya akan membahas seputar burung cendet, di mana pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab burung cendet serak dan cara mengatasinya. Sebagai pecinta burung kicau yang sudah lama atau senior, pastinya tahu bahwa merawat burung kicau tidaklah gampang.

Apabila hal tersebut adalah hobi, mungkin sedikit lebih enjoy dalam melakukannya. Namun yang membuat pemilik resah dan gelisah adalah masalah yang selalu menimpa burung cendet mereka. Masalah yang sering terjadi adalah burung cendet serak, serak pada burung cendet ini dapat terjadi pada burung kicau jenis apa saja. Tanpa di sadari penyakit serak pada burung cendet ini disebabkan oleh kesalahan dalam perawatan sehari-hari.

Baca Juga: Cara Mengatasi Burung Prenjak Serak

Untuk cara mengatasi cendet suara serak, kamu harus berfokus pada perawatannya. Karena serak tersebut dapat menjadi penghalang burung cendet menang ketika cendet dilombakan. Sebab, burung kicau yang sedang serak suaranya akan terdengar samar bahkan sampai tidak terdengar. Oleh karena itu, sebagai pemilik harusnya tahu bagaimana cara merawat burung cendet dengan baik dan benar.

Penyebab utama burung cendet serak yaitu pada pakannya. Banyak orang yang melakukan kesalahan dalam pemberian pakan padahal hal tersebut dapat menyebabkan munculnya masalah seperti serak pada burung cendet. Bukan hanya jenis pakan yang diberikan, tapi porsi dan waktunya juga harus terjadwal dengan baik.

Sebaiknya kamu mengetahui dan mengenal karakter burung cendet peliharaan terlebih dahulu, agar dapat menemukan cara perawatan yang tepat untuk cendet. Adapula kasus lainnya, burung cendet serak murni disebabkan oleh kerusakan atau ganjalan di dalam tubuh burung cendet. Maka dari itu, kamu tidak boleh sampai gegabah dalam menanganinya.

Jika serak yang dialami burung cendet terlalu parah, sebaiknya bawalah burung cendet ke dokter hewan spesialis burung terdekat. Jangan pernah memberikan obat apapun jika kondisi burung cendet masih serak kecuali obat penghilang lendir pada burung, karena bisa saja memperparah keadaan cendet.

Tapi, pada umumnya yang paling sering terjadi pada burung kicau serak selalu disebabkan dari kesalahan perawatan. Sehingga, serak yang dialami burung cendet adalah serak ringan. Di bawah ini ada beberapa penyebab burung cendet serak dan cara mengatasinya.

Penyebab Burung Cendet Serak

  1. Mengonsumsi kroto yang sudah basi atau tidak fresh.
  2. Akibat udara sekitar yang sudah tercemar.
  3. Memakan jangkrik yang sudah membusuk.
  4. Burung cendet infeksi pada saluran pernafasan.
  5. Setingan dan jadwal tidak teratur dengan baik.
  6. Melakukan pemaksaan terhadap suara cendet.
  7. Kandang atau sangkar yang jarang dibersihkan dan menjadi kotor.
  8. Penjemuran yang terlalu lama.
  9. Terlalu sering melakukan trek.
  10. Memakan voer yang sudah berjamur.

Cara Mengatasi Cendet Suara Serak

1. Menjaga kebersihan pakan

Pastikan kamu memberikan makanan yang segar dan bersih, karena makanan yang tidak bersih dan segar dapat menyebabkan burung cendet serak. Serak disebabkan bakteri yang hinggap di tenggorokan lalu menyebabkan infeksi. Untuk mencegah serak pada burung cendet, kamu harus memastikan makanan yang diberikan benar-benar bersih dan segar.

2. Jangan melakukan penjemuran

Jika burung cendet sedang serak, penjemuran sebaiknya jangan dilakukan. Karena panas yang ditimbulkan akibat penjemuran dapat memperparah serak pada burung. Selain itu, serak pada burung yang sakit tidak cocok untuk dijemur.

Namun jika serak yang dialami burung cendet tidak begitu parah, kamu boleh menjemurnya dengan durasi 15 menit saja dengan tujuan menjaga bulunya terhindar dari kutu. Tapi tetap saja sebaiknya jangan dijemur, karena penjemuran tidak mengatasi serak cendet.

3. Menjaga kebersihan sangkar

Ketika memutuskan memelihara burung, pasti kamu sudah siap dengan resiko kebersihannya. Sebagai pemilik memang harus rajin dan rutin membersihkan sangkar atau kandang burung. Bersihkan sangkar atau kandang minimal satu kali dalam sehari, jika burung cendet kamu serak sebaiknya pisahkan dari burung cendet yang lain dan tempatkan pada tempat yang berudara segar.

Dalam hal ini, kandang atau sangkar yang sudah berjamur dapat menyebabkan burung cendet serak karena terinfeksi bakteri. Maka dari itu kebersihan sangkar cender memang sangat penting untuk diperhatikan.

4. Memberikan madu

Cara mengatasi serak pada burung cendet selanjutnya adalah dengan memberikan madu pada burung cendet. Madu ini berguna untuk membantu mengatasi serak yang dialami burung cendet. Sama halnya dengan manusia, madu ternyata juga ampuh mengatasi serak pada burung cendet dengan merusak bakteri pada tenggorokan sehingga menjadi plong.

Selain itu, madu juga dapat menjaga stamina burung cendet. Berikan madu dan dicampur dengan air matang lalu aduk sampai merata, namun untuk pemberian madu bisa setengah 1 sendok teh dan langsung diberikan pada burung.

5. Pengkrodongan

Ketika burung cendet mengalami serak, lebih baik perbanyak kerodong agar burung cendet tetap beristirahat dengan tenang. Pada umumnya, serak memang harus dilawan oleh kekebalan tubuh burung cendet itu sendiri.

Oleh karena itu, istirahat memang sangat penting bagi cendet yang serak. Setelah diberikan makanan, kemudian burung cendet bisa dikerodong sampai sore dan dikerodong lagi malam harinya sampai besok pagi.

Penutup

Demikian itulah beberapa penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasi burung cendet serak. Lakukanlah perawatan terbaik agar burung cendet segera pulih supaya layak mengikuti lomba. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan semua peralatan burung, agar terhindar dari bakteri.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url