Cara Mengatasi Burung Kacer Bunyi Hanya Pagi Saja

KACER BUNYI HANYA PAGI

Kacer Bunyi Hanya Pagi - Perlu diketahui, burung kacer memang memiliki suara yang indah dan merdu. Setiap pemilik pasti menginginkan burung gacoannya menjadi aktif berkicau dan gacor sepanjang hari. Namun ternyata tidak semudah itu, karena banyak hal yang harus dilakukan untuk membentuk burung kacer yang berkualitas dan berkicau sepanjang hari.

Memberikan perawatan yang tepat memang sudah menjadi kewajiban pemiliknya. Hal ini tidak dapat dipungkiri, karena dengan perawatan tersebut burung kacer juga dapat berkembang dengan baik kedepannya. Merawat buurng kacer juga tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai pemilik tentunya harus benar-benar memahami setiap perawatan yang diberikan.

Tidak hanya memberikan rawatan sembarangan, namun harus mengerti seluk-beluknya. Contohnya seperti mengenal karakter dan tipe burung peliharaan. Setiap jenis burung kacer pasti mempunyai karakter dan tipenya masing-masing. Dari setiap tipe burung kacer tersebut tentunya mempunyai pola perawatan yang berbeda dan suara kacer ngecer.

Baca Juga: Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba

Jadi tidak dapat disamakan dengan tipe burung kacer lainnya, sebab tipe burung kacer ada dua yaitu kacer panas dan kacer dingin. Jika salah dalam memberikan perawatan, tentunya akan memberikan dampak yang buruk untuk burung kacer itu sendiri. Disamping itu kemampuan burung kacer juga tidak akan berkembang apabila suara kacer ngriwik.

Salah satu dampak yang paling menonjol yaitu dalam segi berkicau. Burung kacer yang salah rawatan atau perawatan kurang maksimal, sat berkcau pun juga tidak akan memuaskan. Bahkan cenderung terdengar kurang bersemangat dan tidak enak di dengarkan. Selain itu, jika salah dalam perawatan burung kacer akan malas bunyi. Seperti hanya berkicau di pagi saja atau di malam hari saja.

Hal ini sangatlah meresahkan pemilik, karena burung kacer tidak dapat dilombakan dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, kalian harus mengatasinya dengan memberikan perawatan yang tepat. Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa tips untuk mengatasi burung kacer yang macet bunyi atau malas bunyi. Simak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

Cara Merawat Burung Kacer Malas Bunyi Dengan Cepat

Burung kacer memang dikenal sebagai burung kicau yang garang di lapangan. Oleh sebab itu banyak kicau mania yang ingin memelihara burung kacer sebagai bahan perlombaan. Meskipun dikenal garang dan fighter, banyak kicau mania yang mengeluh karena burung kacernya mendadak macet bunyi atau malas bunyi.

Perawatan dan pelatihan burung kicau termasuk kacer memang membutuhkan kosistensi yang kuat. Karena burung yang semula gacor sepanjang hari mendadak macet bunyi keesokan harinya. Apalagi jika kalian absen dalam perawatannya beberapa hari saja, maka dapat dipastikan performa burung kacer akan menurun dan bahkan bisa menjadi macet bunyi.

Jika burung kacer mendadak macet bunyi, kalian bisa mengenali penyebab kacer bunyi cer cer. Mungkin saja burung kacer sedang memasuki masa mabung alaminya. Namun jika diluar masa mabung, mungkin saja burung kacer sedang sakit seperti drop mental, sakit, perawatan kurang tepat, stres dan lain sebagainya.

Mengenali penyebabnya dapat memudahkan kalian untuk memberikan rawatan yang sesuai. Sama seperti yang dijelaskan terapi kacer ngeriwik diatas, bahwa perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan burung kacer macet bunyi berdasarkan arti suara burung kacer.

Jika burung kacer kalian tidak mabung atau sakit, mungkin saja macet bunyi tersebut disebabkan oleh kesalahan perawatan yang kalian berikan sendiri. Tapi tidak perlu khawatir, saya akan membagikan tips rawatan cara mengatasi kacer bunyi saat hujan. Simak dibawah ini, sebagai berikut:
  • Memindahkan sangkarnya di tempat yang sejuk dan tenang.
  • Burung kacer harus diembunkan setiap pagi di lokasi yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Memberikan multivitamin agar stamina burung kacer kalian meningkat dan stabil. Karena burung kacer yang mau berkicau harus memiliki kondisi yang fit.
  • Jangan lupa untuk memberikan ekstra fooding jangkrik setiap hari secara rutin. Dengan porsi 4 sampai 5 ekor. Apalagi jika memungkinkan, kalian bisa memberikan kroto sekali dalam seminggu.
  • Kalian putarkan audio terapi agar kacer dapat berkicau lagi.
  • Jika burung kacer sudah mulai membaik, berikanlah pelatihan dengan burung kacer lainnya yang memiliki mental bagus. Biasanya disebut dengan kacer untulan, hal ini dapat memberikan rangsangan dan mengangkat mental burung kacer.
  • Lakukan secara bertahap, perawatan kembali diberikan seperti biasa.
Tapi bagaimana jika burung kacer macet bunyi dan kacer hanya nyiul akibat gangguan tenggorokan atau pernafasannya? Tentu saja perawatan kacer ngeriwik isian berbeda dari sebelumnya, dan untuk mengatasinya kalian bisa menggunakan terapi obat.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang kacer bunyi hanya pagi. Merawat burung kacer memang harus konsisten dan dilakukan secara teratur, dengan begitu hasil yang kalian dapatkan nantinya juga lebih maksimal. Lakukanlah perawatan dengan benar, dan sesuaikan dengan kondisi burung kacer saat itu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url