Cara Merawat Kacer Macet Bunyi Pasca Mabung

CARA MERAWAT KACER MACET BUNYI PASCA MABUNG

Cara Merawat Kacer Macet Bunyi Pasca Mabung - Hai sobat kicau! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara merawat burung kacer macet bunyi pasca mabung. Setiap burung kicau termasuk kacer pasti mengalami mabung, karena itu sudah menjadi naluri alamiahnya. Justru burung kicau yang belum mabung patut dipertanyakan.

Oleh sebab itu, ketika burung kacer mabung anda jangan merasa kesal. Burung kacer macet bunyi pasca mabung memang sering terjadi. Perawatan burung kacer yang mabung memang berbeda dengan biasanya. Hal ini dikarenakan kondisi burung kacer sedang dalam proses pemulihan bulu yang baru.

Mungkin bagi sebagian kicau mania ada yang merasa senang dengan mabungnya burung peliharaan dan ada juga yang merasa kesal ketika burung kacer mabung. Karena burung kacer yang baru saja mengalami masa mabung akan berubah menjadi pendiam. Jadi sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan masa-masa burung kacer sebelum mabung.

Masalah seperti ini memang sering terjadi pada burung kacer yang hanya dipelihara dirumah dan burung kacer lomba. Banyak hal yang menyebabkan burung kacer menjadi malas berkicau setelah mabung. Tanpa anda sadari, biasanya burung kacer yang malas berkicau setelah mabung disebabkan oleh perawatan yang kurang tepat.

Misalkan sebelum burung selesai mabung tapi sudah dilombakan, padahal bulu barunya belum selesai tumbuh. Saat sedang menyelesaikan masa mabungnya, burung kacer membutuhkan protein dan energi yang lebih banyak daripada sebelum mabung.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kacer Ngriwik Setelah Mabung

Jika burung yang belum beres mabung dipaksa untuk aktif, maka energi dan protein yang seharusnya digunakan untuk membereskan mabungnya, justru habis untuk lomba. Sehingga burung kacer akan mudah ngedrop, mudah stres dan cepat lemah karena stamina kurang.

Untuk mengatasi kondisi burung kacer tersebut, solusinya yaitu dengan mengistirahatkan burung kacer dari arena lomba. Sampai kondisi serta stamina burung kacer kembali fit dan siap tempur di perlombaan. Tidak hanya mengandalkan di perlombaan dan jamu kacer macet bunyi saja, tetapi perawatan juga harus maksimal.

Perawatan Untuk Burung Kacer Macet Bunyi Pasca Mabung

Memberikan perawatan untuk burung kacer yang mabung harus disesuaikan sebaik mungkin dengan cara cara menaikan emosi kacer habis mabung. Jika salah rawatan dikhawatirkan burung kacer peliharaan bisa giras dan macey bunyi. Karena kejadian seperti ini memang sering terjadi pada kicau mania.

Namun penyebab kacer bunyi cer cer, biasanya burung kacer macet bunyi pasca mabung hanya dialami oleh burung kacer yang masih mabung pertama kali. Tapi anda tidak perlu khawatir berikut saya akan memberikan perawatan kacer setelah mabung.
  • Menggantang burung kacer di tepat yang tenang, atau di kerodonh pada lokasi lain seperti dalam ruangan yang tertutup dengan ventilasi udara baik.
  • Memberikan pakan yang mengandung protein tinggi seperti jangkrik dan kroto.
  • Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya dari luar.
  • Menambahkan kicauan suara burung kacer dengan materi isian agar kicauannya yang hilang dapat kembali lagi.

Perawatan bentuk hariannya :

  • Untuk hari senin hingga rabu, berikanlah 5 ekor jangkrik perharinya yang diberikan dua kali setiap pagi dan sore. Penjemuran harus dilakukan selama 2 sampai 3 jam. Pemandian tidak diberikan, namun diganti mandi malam yang dilakukan tiga hari sekali.
  • Hari kamis dan jumat, penambahan porsi jangkrik menjadi 8 ekor setiap pagi dan sore hari. Penjemuran dilakukan 2 sampai 3 jam, serta pemandian dilakukan setiap pagi.
  • Hari sabtu, porsi jangkrik bisa ditambah menjadi 10 sampai 20 ekor setiap pagi dan sore hari. Pada hari ini tidak perlu melakukan mandi dan penjemuran. Burung kacer hanya cukup digantang di lokasi yang teduh dan diangin-anginkan. Selanjutnya burung kacer harus full kerodong. Saat hari sabtu burung diberikan multivitamin untuk menambah staminanya. Sehingga akan memberikan dampak baik untuk peningkatkan mental dan kegacorannya.
  • Hari minggu apabila burung sudah siap tempur dengan tanda kacer selesai mabung, maka kacer bisa dilombakan.
Perawatan tersebut dapat dilakukan bervariasi dan sesuaikan dengan kondisi burung kacer untuk mengatasi kacer diam membisu. Sebab ada juga burung kacer yang tidak terlalu mengonsumsi banyak jangkrik dan ada juga burung kacer yang lebih senang mengonsumsi kroto. Jadi sesuaikan saja dengan karakter burung kacer anda. Selamat mencoba, sekian pembahasan kali ini. Terima kasih.




Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url