Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Kurang Nafsu Makan

Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Kurang Nafsu Makan - Halo Sobat Kicau Mania Indonesia! Bagaimana kabar sobat semua? Semoga sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini seperti biasa saya akan mengulas artikel seputar burung kacer, yaitu cara mengatasi burung kacer yang tidak nafsu makan. Burung kacer yang malas makan atau tidak nafsu makan, tentu saja akan menimbulkan banyak penyakit pada burung tersebut. Mulai dari penyakit kurus, pencernaan terganggu, hingga penyakit yang sering di derita oleh burung yaitu mentalnya drop atau kelelahan.

Apalagi jika sobat sering melombakan burung kacer, biasanya burung akan kelelahan dan mudah drop. Sehingga burung kacer tidak akan nafsu menyantap pakan yang di sediakan, akibatnya burung akan semakin drop dan stres. Burung kacer yang tidak nafsu makan tentunya juga terlihat lesu, lemas, dan malah untuk berkicau. Hal itu disebabkan karena adanya metabolisme yang terganggu pada tubuhnya.

Oleh karena itu sebelum burung kacer semakin parah, sobat harus segera menangani permasalahan ini. Karena apabila dibiarkan begitu saja, burung kacer akan semakin drop dan bisa mengakibatkan kematian pada burung kacer. Untuk mengatasi hal tersebut, saya sudah menyiapkan beberapa cara untuk menangani burung kacer nyilet.


Solusi Mengatasi Burung Kacer Tidak Nafsu Makan

1. Berikan Ekstra Fooding Sebanyak-banyaknya

Cara pertama untuk mengatasi kacer nyilet yaitu dengan memberikan gizi dan protein yang banyak pada burung kacer. Dalam hal ini, sobat bisa memberikan pakan EF berupa jangkrik atau kroto dengan takaran yang lebih banyak dari pemberian harian.

Sobat bisa memberikan 10 sampai 20 ekor jangkrik  di setiap harinya. Jika sobat menggunakan ekstra fooding berupa jangkrik, saya sarankan buang kepala dan kakinya terlebih dahulu agar burung kacer mudah untuk mencernanya.


2. Berikan Pisang Kepok

Cara yang kedua yaitu dengan memberikan pisang kepok yang sudah matang secara alami pada burung kacer. Kenapa harus pisang kepok? Karena pisang kepok sangat bagus dan cepat untuk memulihkan kondisi drop pada burung kacer.

Berikan pisang kepok setiap harinya selama 1 bulan agar burung kacer cepat pulih kembali. Disamping itu sobat juga harus memperhatikan perkembangan pada tubuh kacer, pastikan burung yang awalnya kurus karena nyilet menjadi gemuk dengan di JOR EF dan diberikan pisang kepok.

3. Jangan Memberikan Voer

Ketika burung kacer mengalami nyilet atau tidak nafsu makan, sobat harus mengentikan pemberian voer merk apapun pada burung kacer. Pastikan burung kacer sobat memakan EF dan pisang kepok saja setiap harinya. Hal ini dikarenakan dengan pemberian voer, tidak akan bagus untuk burung yang sedang sakit.

4. Rajin Membersihkan Sangkar

Burung kacer yang nyilet atau kurang nafsu makan, akan rentan terkena penyakit dan virus. Hal itu dikarenakan burung kacer mengalami drop pada kondisi tubuhnya, oleh karena itu anda harus selalu menjaga kebersihan sangkar burung kacer agar burung terhindar dari virus dan kuman.

5. Full Kerodong

Agar burung bisa berisitrahat dengan tenang, sobat harus menkerodong sangkar burung kacer. Setelah di kerodong, sobat bisa menempatkan burung kacer di tempat yang tenang dan nyaman. Sobat juga bisa memberikan suara masteran dengan suara yang kecil agar burung kacer tidak lupa dengan isian materinya. (Baca juga : Cara Memasteri Burung Kacer Agar Cepat Masuk).

Penutup

Demikian tips yang bisa saya bagikan kepada sobat semua, mengenai cara mengatasi burung kacer tidak nafsu makan. Jika sobat ingin request tips rawatan seputar burung kacer, sobat bisa tulis di kolom komentar ya. Salam Kacer Mania!





Postingan Selanjutnya Postingan Sebelumnya
No Comment
Tambahkan Komentar
comment url